Brussels (ANTARA News) - Dana Moneter Internasional menaikkan perkiraan pertumbuhan untuk zona euro yang dilanda utang pada Senin, tetapi juga memperingatkan bahwa "ketegangan yang berlanjut" di sektor perbankan mengancam ekspansi perekonomian.

Ekonomi zona euro akan meningkat 1,6 persen tahun ini dan 1,8 persen pada 2012, kata IMF dalam laporan `World Economic Outlook` musim seminya, sebuah kenaikan 0,1 persentase poin dari perkiraan Januari, demikian AFP melaporkan.

"Sebuah pemulihan bertahap dan tidak merata sedang berlangsung di Eropa," kata laporan itu.

"Pemulihan di Eropa telah memperoleh traksi, meskipun terjadi turbulensi keuangan baru di negara-negara sekeliling euro selama triwulan terakhir tahun 2010," katanya.

Namun, IMF menambahkan: "Dalam waktu dekat, ketegangan berlanjut di lebih banyak wilayah euro yang rentan dan bank merupakan ancaman signifikan terhadap stabilitas keuangan dan pertumbuhan."

"Hal ini terutama disebabkan berlanjutnya pelemahan di antara lembaga keuangan di banyak negara maju di wilayah ini dan kurangnya transparansi tentang eksposur mereka," katanya.

Zona euro perlu untuk memulihkan "kepercayaan yang lebih besar" di bank dengan meluncurkan "stress test ambisius dan program restrukturisasi dan rekapitalisasi," IMF mengatakan, memperingatkan "kurangnya transparansi" tentang eksposur mereka.

Otoritas Perbankan Eropa (EBA) mengatakan minggu lalu akan melakukan stres tes pada 90 bank dan menerapkan kriteria ketat.

Penilaian yang dilakukan tahun lalu dikritik karena mereka memberikan sebagian besar bank -- termasuk di bailout Irlandia -- sebuah kesehatan yang bersih. (A026/A027/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011