Berlin (ANTARA News) - Pimpinan klasemen Liga Jerman (Bundeslliga) Borussia Dortmund mencetak satu gol pada menit-menit akhir untuk membuat angka imbang 1-1 lawan 10 pemain Hamburg Sabtu dan dalam posisi prima untuk meraih gelar juara liga sejak 2002, dengan sisa lima pertandingan lagi.

Dengan turunnya tim urutan kedua Bayer Leverkusen menjamu tim urutan kedua dari bawah St Pauli, Minggu, maka keunggulan delapan poin Dortmund bisa saja terpotong menjadi lima Minggu malam.

"Kami harus menunggu cukup lama untuk membuat kedudukan imbang, tetap akhirnya kami pantas mendapat angka akhir 1-1," kata pelatih

Dortmund Jurgen Klopp, setelah pemain tengah Dortmund Kuba mencetak gol pada menit ke-92.

"Kami tampil kurang bagus pada babak pertama tetapi setelah itu kami meningkatkan permainan. Kami dapat hidup dengan hasil seri itu," katanya.

Dortmund diungguli ketika striker Hamburg Mladen Petric dikasari dari belakang oleh pemain bertahan Jerman Mats Hummels di kotak penalti dan mantan pemain bintang Real Madrid Ruud van Nistelrooy menembak dari titik putih pada menit ke-39.

Bintang yang lagi menanjak di Borussia, Mario Goetze, nyaris membuahkan gol tetapi bila yang bergulir mencapai garis gawang disapu lawan menjelang turun minum dan pemain berusia 18 tahun itu menggebrak lagi tetapi bola hanya menghantam tiang gawang beberapa saat setelah istirahat.

Tim Hamburg berkurang satu orang ketika pemain tengah berusia 22 tahun Aenis Ben-Hatira dikeluarkan dari lapangan karena mendapat hukuman kartu kuning kedua.

Ketika waktu hampir habis, pemain tengah dari Polandia Jakub Blaszczykowski -- yang selalu dipanggil Kuba -- melejit ke depat mulut gawang ketika menyambut umpan dari manan pemain bertahan Jerman Patrick Owomoyela dan membuahkan gol penting untuk klubnya.

Hanover di urutan ketiga dengan kemenangan 2-0 di kandang sendiri ketika menjamu Mainz.

Striker dari Pantai Gading Didier Ya Konan membuat tim tuan rumah unggul lewat tendangan penalti pada babak pertama dan pemain tengah Hanover Sergio Pinto menambah satu angka setelah turun minum.

Bayern di urutan keempat setelah bermaim imbang 1-1 di Nuremberg pada laga derbi Bavarian sedangkan pemain sayap dari Belanda Arjen Robben menerima kartu merah pada menit ke-93 karena bertengkar dengan wasit.

Pemain tengah Jerman Thomas Mueller membuat tim tamu unggul ketika pertandingan baru berlangsung lima menit, tetapi striker Nuremberg Christian Eigler menyamakan kedudukan sehingga angka mereka terbagi.

"Ini bukan yang pertama kali kami unggul 1-0 pada laga tandang pada musim ini," kata pelatih Bayern Louis van Gaal yang akan digantikan pelatih Leverkusen Jupp Heynckes pada akhir musim ini.

"Tetapi angka akhirnya terbagi dan ini sangat mengecewakan," katanya dikutip AFP.

(SYS/A008/A011)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011