Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Indonesia akan berupaya keras untuk memulangkan gembong teroris yang diduga Umar Patek dari Pakistan.

Menurut Kepala Badan Inteligen Negara (BIN) Sutanto, saat ini Indonesia terus melakukan komunikasi dengan pemerintah Pakistan dan pihak-pihak terkait.

"Kita bicarakan untuk kemungkinan bisa ditarik kembali ke Indonesia untuk penanganan hukumnya," kata Sutanto di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin.

Mantan Kepala Kepolisian RI itu menambahkan, orang yang diduga Umar Patek itu masih dalam perawatan di salah satu rumah sakit yang ada di Pakistan.

"Tentu kita cek dulu identitasnya, kalau suda ada kepastian kita akan bicarakan langkah-langkah selanjutnya misalnya secara hukum bisa diselesaikan di Indonesia karena dia ada masalah juga di sana, nanti kita bicarakan dengan pemerintah Pakistan," kata Sutanto.

Sutanto menambahkan, bila benar orang yang ditangkap itu adalah Umar Patek, salah satu pelaku Bom Bali I, maka dia telah melakukan pelanggaran hukum di Pakistan.

"Kita masih koordinaskan terus dengan pihak Pakistan. Kan dia juga ada pelanggaran hukum di sana dengan kelompok teror yang ada disana," ungkap Sutanto.
(zul)

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2011