Jakarta (ANTARA News) - Setelah Apple resmi meluncurkan iPad 2, bagaimanakah kabar iPhone generasi selanjutnya?

Apple diam-diam menunda peluncuran iPhone 5, melenceng dari tradisi peluncuran iPhone setiap musim panas dan musim gugur, karena sedang fokus menjual iPhone 4 berjaringan Verizon.

Selama empat tahun terakhir, Apple telah meluncurkan iPhone terbaru pada Juni atau Juli. Dan selama tiga tahun terakhir, Apple meluncurkan ponsel dalam konferensi Apple Wordwide Developers Conference (WWDC) yang diadakan setiap bulan Juni.

Kemarin, Apple telah mengumumkan tanggal WWDC tahun ini, pengumuman itu juga tidak biasa. SVP pemasaran Apple tidak mengatakan apa-apa tentang peranti keras terbaru, karena konferensi itu akan mengupas perangkat lunak.

"Pada konferensi tahun ini kami akan meluncurkan IOS dan Mac OS terbaru," katanya dalam siaran pers, hal itu membuat iPhone 5 tidak termasuk dalam agenda WWDC.

The Loop mengaku telah mendengar bahwa WWDC tahun akan menjadi "pertunjukan software dalam 2011, bukan event hardware". Hal itu menguatkan spekulasi sebuah laporan yang menyebutkan bahwa Apple belum memesan komponen iPhone 5.

Biasanya Apple memesan komponen untuk ponselnya enam bulan sebelumnya, jika demikian maka Apple tidak akan memiliki cukup waktu menyelesaikan perakitan iPhone 5 untuk peluncuran Juni atau Juli 2011, bahkan jika Apple memesannya besok sekalipun.

Sebaliknya, Apple mungkin menunggu sampai September atau Oktober untuk meluncurkan iPhone 5, bertepatan dengan tahun fiskal 2012 dimulai. Tahun fiskal Apple akan berakhir pada 24 September.

Smartphone mendatang dikabarkan memiliki layar yang lebih besar, kualitas kamera yang lebih baik, fitur teknologi chip NFC dan logam di belakang.

Alasan lain mengapa Apple menunda peluncuran iPhone 5 adalah karena iPhone 4 Verizon, yang baru diumumkan pada Januari dan diluncurkan Februari.

iPhone Apple versi CDMA itu menjanjikan Apple lebih dari 100 juta pelanggan potensial, sehingga perusahaan bisa menghindari skenario bodoh jika merilis iPhone baru sekarang.

Dengan menunda peluncuran iPhone 5, Apple dapat fokus mencari pelanggan baru untuk iPhone versi CDMA dan akan memberikan peranti lunak Mas OS X Lion untuk lebih berperan di WWDC tahun ini, demikian Mashable melaporkan.

(Adm/S026)

Penerjemah: Adam Rizallulhaq
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011