Jambi (ANTARA News) - Wakil Presiden Boediono menyatakan berbelasungkawa terhadap Banjir Bandang di Kabupaten Paniai, Provinsi Papua.

"Sebelum saya melanjutkan sedikit sambutan saya, saya ingin menyampaikan barangkali sudah sampai berita ini, di Papua, di Distrik Paniai, Papua, terjadi banjir bandang lagi, dan berdampak sampai saat ini tiga belas orang, sulit tempatnya,ini saya kira kita ikut prihatin dan iku memikirkan apa yang bisa kita lakukan bagi saudara-saudara kita disana," kata Wapres Boediono saat membuka rapat koordinasi antara Gubernur Bengkulu, Lampung, Jambi, Sumatra Selatan dan Bangka Belitung (Belajasumba) di Jambi, Jumat.

Wapres mengatakan, kejadian tersebut juga mengingatkan bahwa Indonesia merupakan negara yang rawan bencana. Untuk itu menurut Wapres dibutuhkan kesiapsiagaan dari semua unsur baik tim penanganan bencana, pemerintah dan juga masyarakatnya.

Wapres menambahkan, kesiapsiagaan terhadap bencana diperlukan pelatihan dan sosialisasi yang terus menerus dilaksanakan mengingat bencana bisa datang kapan saja.

Sementara itu, banjir di dua distrik Ekadide dan Aradide, di Kabupaten Paniai, Papua, sudah terjadi 17 Maret 2011. Banjir kembali mengguncang Kamis malam (31/4), hingga kini dikabarkan 13 orang meninggal. Warga di dua distrik tersebut kini mengungsi.

Rakor Gubernur

Sementara itu, dalam membuka rakor gubernur se Belajasumba Wapres Boediono sangat mendukung adanya rapat koordinasi antar Gubernur sehingga mensinergikan pembangunan antara pusat dan daerah. Sinergi dibutuhkan agar pembangunan daerah dapat dirasakan optimal bagi masyarakat.

Wapres Boediono akan berada di Jambi untuk melakukan kunjungan kerja selama dua hari,1-2 April 2011.

Selain membuka rakor gubernur, juga akan membukan Jambi Emas Expo 2011.

Wapres juga akan mengunjungi SMP 7 didampingi Ibu Herawati, bertatapmuka dengan perwakilan Pelajar SMP, SMA, SMK, MAN dan Guru Se-Jambi.

Sebelum kembali ke Jakarta, Wapres didampingi ibu Herawati dan Gubernur Jambi direncanakan bertemu dengan para petani di Dusun Rasau Kel Jembatan Emas Kec Pemayung Kabupaten Batang Hari. Kemudian dilanjutkan ke Desa Pulau Betung, Kec Pemayung dalam rangka pertemuan dengan KSM PNPM Mandiri dan penerima KUR Propinsi Jambi.

(M041/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011