London (ANTARA News/AFP) - Dirk Kuyt mencetak penalti kontroversial ketika Liverpool menggilas 2-0 Sunderland yang bermain dengan 10 pemain, Minggu.

Musim lalu Liverpool dikalahkan di Sunderland dalam kondisi yang lucu, ketika Darren Bent mencetak satu gol dimana bola hasil tembakannya menyerempet bola pantai yang terlempar masuk lapangan.

Namun kali ini tim asuhan Kenny Daglish itu menikmati moment keberuntungannya di stadion Light, ketika Kuyt mencetak gol penalti di babak pertama berkat hadiah yang diberikan wasit setelah John Mensah melakukan tekel di luar area kotak penalti.

Rekaman ulang menunjukkan bahwa Mensah membuat pelanggaran kepada Jay Spearing sebelum pemain tengah itu jatuh di kotak penalti dan wasit Kevin Friend memberi aba-aba terjadinya tendangan bebas, namun dia mengubah keputusannya menjadi penalti atas saran hakim garis.

Dengan ditunjukkan sebagai penalti, maka Kuyt tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk mencetak gol dari titik putih itu.

Luiz Suarez mencetak gol kedua bagi Liverpool dari sudut yang sangat sulit pada menit ke-77.

Hasil itu membuat Liverpool kini terpaut empat poin di belakang posisi kelima klasemen, Tottenham.

Mensah mengalami naas yang menumpuk pada pertandingan ini setelah pemain belakang asal Ghana ini diusir keluar lapangan karena sebuah kesalahan profesional atas Suarez menjelang bubaran pertandingan.

Pada pertandingan lanjutan, Minggu, Chelsea menghadapi Manchester City di Stamford Bridge.(*)

(Uu.A020/A027)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011