Tim kita siap berangkat untuk membantu"
Makassar (ANTARA News) - Pemerintah Indonesia siap mengirimkan tim kemanusiaan untuk membantu korban gempa bumi disertai tsunami yang melanda Jepang Jumat kemarin.

"Indonesia menyampaikan belasungkawa untuk korban gempa bumi dan tsunami Jepang. Tim kita siap berangkat untuk membantu," kata Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono di Makassar, Sabtu.

Saat membuka Musyawarah Daerah (Musda) Kosgoro Sulsel di Makassar, Agung menjelaskan sukarelawan dan tenaga medis Indonesia siap diberangkatkan kapan saja.

Pemerintah, katanya, telah melakukan pembicaraan dengan Duta Besar Jepang untuk Indonesia dan Kementerian Luar Negeri untuk pengiriman tim kemanusiaan itu.

"Kita pastikan dulu apa yang dibutuhkan di sana, sebelum kita kirim," ucapnya.

Agung menyatakan Indonesia wajib membantu Jepang karena negara ini telah melakukan hal serupa saat Indonesia dilanda berbagai bencana alam, seperti tsunami Aceh, bencana Gunung Merapi, gempa Yogyakarta, sampai banjir bandang Wasior Papua.

Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar ini memuji penanganan dan penanggulangan bencana di Jepang.

"Jepang kemarin tiba-tiba diguncang gempa 8,9 skala richter, disusul tsunami. Saya belum dengar berita terakhir, berapa korban, tapi kemampuan negara tersebut menangani dampaknya, luar biasa," jelasnya.

Baru-baru ini, lanjutnya, Indonesia juga mengirimkan tim kemanusiaan untuk membantu korban banjir bandang di Australia dan bencana alam di Pakistan.

Sekitar dua jam di Makassar, Agung langsung bertolak ke Pekanbaru, Riau, untuk menghadiri latihan penanggulangan bencana. "Latihan tersebut tidak ada hubungannya dengan tsunami Jepang," katanya.

KR-AAT/E011

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011