London (ANTARA News) - Sekretaris Negara Bagian Schleswig-Holstein, Heinz Maurus berkata kepada Konsul Jenderal RI di Hamburg dalam pertemuan bilateral di Kiel, bahwa Indonesia adalah sahabat penting bagi negara bagian Schleswig-Holstein, Jerman.

Dalam keterangan pers KJRI Hamburg, Sabtu. Heinz Maurus menyebut perkembangan yang dicapai Indonesia di berbagai bidang dan kerjasama dengan Schleswig-Holstein di berbagai bidang menjadi alasan penting bagi pemerintah dan masyarakat Schleswig-Holstein untuk meningkatkan hubungan dengan Indonesia.

Hal senada juga diungkapkan Direktur Bidang Internasional Kamar Dagang dan Industri Kiel, Werner Koopman.

"Di samping China dan India, Indonesia merupakan negara berikutnya di kawasan Asia yang perlu mendapat perhatian lebih besar dari para pengusaha Jerman," ujar Koopman.

Dalam beberapa tahun terakhir ini informasi mengenai perkembangan Indonesia dirasakan kurang oleh pengusaha Schleswig-Holstein sehingga Kadin Kiel bersedia membantu KJRI Hamburg mempromosikan Indonesia secara lebih luas di negara bagian ini.

Konjen RI Hamburg, Estella Anwar Bey, menyebutkan Indonesia ingin meningkatkan kerjasama dengan Schleswig-Holstein pada sektor-sektor unggulan seperti maritim, teknologi kelautan, peralatan kesehatan, dan energi alternatif.

Total perdagangan Indonesia dengan Schleswig-Holstein pada 2010 mencapai 211 juta Euro atau naik 48 persen dari tahun 2009. (*)

H-ZG/B012

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011