Jakarta (ANTARA News) - Galeri Foto Jurnalistik ANTARA mengelar pameran foto berjudul "Carpe Diem" mulai 11 Maret-1 April 2011 di Galeri Foto Jurnalistik ANTARA (GFJA) Jakarta.

Pameran ini menampilkan 186 foto karya peserta workshop GFJA kelas dasar maupun jurnalistik angkatan XVI dengan jumlah peserta 32 orang, lapor wartawan ANTARA di Jakarta, Jumat.

Acara dibuka langsung oleh Direktur Umum dan SDM Perum LKBN ANTARA, Rajab Ritonga, Penanggung Jawab GFJA, Oscar Matuloh dan kurator pertama GFJA, Yudhi Soerjoadmodjo.

"Pameran ini diselenggarakan sebagai akhir dari rangkaian workshop GFJA angkatan ke-16 dan dalam rangka hari ulang tahun GFJA yang ke-17," kata Oscar.

Setiap tahunnya GFJA selalu membuka kelas workshop sebagai wujud komitmen mengembangkan pendidikan foto jurnalistik di Indonesia, ujarnya.

"Foto-foto yang disajikan dalam pameran ini adalah foto terbaik yang dihasilkan dari semangat `Carpe Diem`," kata Oscar.

Carpe Diem merupakan sebuah ungkapan berbahasa Latin yang dalam bahasa Indonesia berarti "Raihlah Hari Ini".

"Thema `Carpe Diem` yang diangkat sebagai tema pameran workshop GFJA angkatan ke-16 sebagai sesuatu yang menggambarkan, kami juga menjadi semangat yang ingin kami tularkan kepada pengunjung pameran," katanya.

Pembukaan acara juga ada penampilan spesial dari beberapa kelompok musik seperti Efek Rumah Kaca, Payung Teduh, Thedyingsirens, That`s rockefeller, L`alphalpha, Skanking Circle dan OBIFAME The Acoustic.

Melengkapi rangkaian acara tersebut akan digelar road show dengan tema "Jurnalistik Multimedia" pada Jumat (25/3) di Universitas Prof.DR Moestopo (Beragama) dan "Travel Photography" pada hari Jumat (1/4) di Universitas Atmajaya.

Selain itu, juga akan diadakan "galery talk" dengan tema "Visual Documentary" pada hari Sabtu (19/3) di Neo Journalism Club dengan menghadirkan Julian Sihombing dan Ardiles Rante. (S035/S019/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011