Jakarta, 1/3 (ANTARA) - Sebanyak 12 pemerintah daerah  kota dan kabupaten se-Sumatera Barat (Sumbar) siap mendukung event akbar Tour de Singkarat (TDS) 2011 yang akan berlangsung pada 6-12 Juni 2011. Untuk mensukseskan  TDS 2011 Indonesia menggandeng Amaury Sport Organization (ASO) dari Perancis yang berpengalaman dalam penyelenggaraan Tour de France.

     Dirjen Pemasaran Kemenbudpar DR. Sapta Nirwandar mengatakan, dukungan yang diberikan oleh 12 kabupaten/kota antara lain  berupa partisipasi dana untuk hadiah perlombaan dan biaya program komunikasi selama penyelenggaraan TDS 2011. "Berbagai fasilitas infrastruktur, sarana dan prasarana perhelatan juga menjadi bagian dari komitmen ini," kata Sapta Nirwandar didampingi Gubernur Sumbar Irwan Prayitno usai mengadakan pertemuan dengan 12 pimpinan  daerah tingkat II kabupaten/kota dan sejumlah kepala dinas pariwisata se-Sumbar dalam rangka memberikan komitmen dukungan TDS 2011 di Balairung Gedung Sapta Pesona, Jakarta (28/2).

     "Kerja sama yang dijalin pemerintah dengan ASO Perancis selain untuk meningkatan kualitas penyelenggaraan TDS 2011, juga dalam rangka menghadirkan pembalap-pembalap terbaik dari Amerika dan Eropa," kata Sapta Niwandar.

     Penyelenggaraan TDS 2011 yang kali ketiga ini telah menjadi agenda tahunan Organisasi Olah raga Balap Sepeda Internasional atau Union Cycliste Internationale (UCI). UCI membantu mempromosikan TDS kepada para pembalap sepeda dunia. TDS 2011 akan diikuti 225 pebalap sepeda dari 10 tim nasional  dan 15 tim internasional dari Asia, Eropa, Amerika Serikat, dan Australia dengan menempuh jarak 813 km. TDS 2011 terdiri dari 7 etape;  Etape I Padang, Etape II Padang-Pariaman, Etape III Pariaman-Bukittinggi, Etape IV Bukittinggi-Payakumbuh, Etape V Payakumbuh-Sawahlunto, Etape VIA Sawahlunto-Pagaruyung, Etape VIB Pagaruyung-Padangpanjang, dan Etape VII Padangpanjang-Danau Singkarak.

     Untuk keterangan lebih lanjut silakan menghubungi Ka.Pusformas Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata.

 


Pewarta: Masnang
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2011