Jakarta (ANTARA News) - Mantan Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla (JK) menyatakan, bahwa seorang pemimpin yang baik harus mengusai maasalah, sehingga akan mampu secara tepat menyelesaikan persoalan.

Mantan Wapres mengemukakan hal tersebut dalam acara peluncuran seri buku "Yuk, Belajar dari Pak JK!" yang diadakan hari Sabtu (26/2) di Istana Anak-Anak Indonesia, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta.

Dalam acara peluncuran itu, JK berkesempatan untuk berdialog dengan anak-anak TK dan SD yang berasal dari berbagai wilayah di Jakarta yang datang ke acara itu.

JK bertanya kepada beberapa anak yang diundang ke atas panggung tentang cita-citanya saat besar nanti. Mereka yang terpilih untuk tampil di panggung adalah siswa yang menjadi ketua kelas di masing-masing sekolah. JK mengaku kalau saat masih duduk di bangku sekolah dirinya juga pernah menjadi ketua kelas.

JK menegaskan kepada anak-anak bahwa menjadi pemimpin (ketua kelas) itu harus lebih pintar, lebih rajin dan lebih cepat datang ke sekolah.

Saat ditanya mengenai kriteria pemimpin yang baik JK menjawab,"Ya seperti itu tadi harus semangat, harus menguasai masalah, harus dengan tim kerja, bagaimana memimpin grup-grup kecil, bagaimana memimpin teman-teman".

Sementara itu, pihak penerbit mengatakan buku tersebut lahir dari kesadaran akan pentingnya masa anak-anak sebagai saat yang krusial dalam pembentukan karakter seseorang.

Buku terbitan Esensi, Erlangga Group, itu terdiri dari tiga judul, yaitu: "Menjadi Pemimpin yang Baik", "Mari Bekerja Sama", dan "Aku Wirausahawan Cilik". Ketiga judul buku bergambar itu mencoba menggali nilai-nilai kepemimpinan, kerja sama, dan kewirausahaan dari pengalaman Jusuf Kalla yang selain pernah menjadi orang nomor dua di Indonesia juga merupakan seorang pengusaha.

Buku "Yuk, Belajar dari Pak JK" ditulis oleh tim Esensi dan Husain Abdullah. Buku itu ditujukan bagi anak-anak usia TK dan SD tingkat awal.(*)

(ENY/R009/Brt)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011