...Facebook menawari kami solusi aman dan kami siap melakukannya
Jakarta (ANTARA News) - Program hiburan American Idol yang mencari  bintang pop baru dan diselenggarakan secara nasional di AS, kini di-voting melalui Facebook.

Menurut NYT.com, Jumat, pemungutan suara pemirsa lewat jejaring sosial ini dimungkinkan dilakukan sebanyak 50 kali untuk setiap pemirsa dalam periode sepekan.

Fox sebagai penyelenggara American Idol juga tetap melanjutkan menerima suara pemirsa lewat nomor telepon bebas pulsa dan sms serta pelanggan perusahaan telpon AT&T.

Kreator American Idol, Simon Fuller, mengatakan pengelola pertunjukan populer ini telah mengupayakan cara menghitung suara secara online selama bertahun-tahun.

"Kini Facebook menawari kami solusi aman dan kami siap melakukannya," katanya.

Pemungutan suara lewat online merupakan bagian dari perubahan utama dalam penyelenggaraan American Idol tahun ini. Perubahan lain juga terjadi pada jumlah juri yang kini melibatkan cuma 2 orang, yakni Steven Tyler dan Jennifer Lopez.

Pilihan voting online diharapkan meningkatkan jumlah pemirsa yang memberikan suaranya setiap pekan bagi kontestan.

Katherine Meizel sebagai penulis "Idolized: Music, Media and Identity in `American Idol`, " mengatakan penambahan voting online dapat memperluas wilayah pemungutan suara untuk calon nbintang pop pilihan publik itu.

(T. M020)



Nnnn

Powered by Telkomsel BlackBerry.

(T.M020/B/S019/C/S019) 25-02-2011 12:58:14

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011