Tasikmalaya (ANTARA News) - Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Syamsir Siregar Minggu (25/1) mengunjungi Pondok Pesantren Cipasung, Singaparna, Tasikmalaya, Jawa Barat untuk mengajak ulama dan masyarakat mendukung situasi aman di dalam negeri.

"Ketahanan pondok pesantren sangat penting untuk mendukung keamanan negara dan kemandirian bangsa," katanya, dihadapan sekira 500 orang santri, tokoh masyarakat dan ulama.

Syamsir menilai, pondok pesantren menunjukkan kiprah positifnya terutama dalam mencerdaskan umat, membangun dan menjaga bangsa serta melestarikan perjuangan mempertahankan negara kesatuan Republik Indonesia.

"Pesantren juga telah membuat para santri berani hidup melalui berbagai keterampilan guna memperkuat perekonomian pesantren demi ketahanan pesantren hingga ketahanan nasional," katanya.

Syamsir berharap pondok pesantren dapat mendorong terpeliharanya persatuan dan kesatuan diantara semua komponen bangsa dengan tidak mengeluarkan pernyataan yang dapat menyulut emosi dan agresivitas massa berbau SARA.

"Kesatuan antara ulama dan tokoh masyarakat penting untuk mendorong kesadaran berbangsa demi terwujudnya negara Indonesia yang demokratis, jujur dan adil," katanya. (*)

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2009