-
Jakarta (ANTARA News) - Motorola Xoom,  tablet  berbasis  Android Google terbaru akan dijual di toko Verizon Wireless pada Kamis, menurut para operator selular di Amerika Serikat.

Xoom langsung terhubung ke jaringan nirkabel 3G Verizon. Perangkat itu dijual seharga  600 dolar AS kepada pelanggan yang menandatangani kontrak dua tahun dengan Verizon, kata Verizon pada Selasa.

Layanan data akan memakan biaya  20 dolar untuk 1 gigabyte bandwidth perbulan dan Verizon juga akan membebankan biaya tambahan kepada pengguna yang memakai data yang lebih besar.

Para pengguna juga dapat meningkatkan kemampuan Xoom ke layanan data 4G Verizon secara cuma-cuma dalam beberapa bulan mendatang. Verizon tidak mengatakan persis bagaimana hal itu akan diimplementasikan.

Beberapa penilaian menganggap Xoom sebagai yang paling bisa  menandingi iPad. Apple telah menjual lebih dari 15 juta iPad sejak debutnya kurang dari setahun yang lalu.

Namun, tablet Apple itu menggunguli Xoom Motorola dalam soal harga.  iPad 3G tanpa ikatan kontrak operator dijual seharga $ 629 sedangkan Xoom tanpa ikatan kontrak operator dijual $ 800.

Operator menggunakan ikatan kontrak untuk mensubsidi biaya perangkat keras selama dua tahun dan para pelanggan harus membayar layanannya setap bulan. Verizon dan AT & T tidak menawarkan iPad bersubsidi.

iPad untuk entry level hanya menawarkan konektivitas Wi-Fi seharga $ 500. Motorola juga akan menawarkan Xoom versi WiFi, tetapi Motorola belum mengungkapkan harga atau tanggal peluncurannya.

Sanjay Jha, CEO Motorola mengatakan kepada Wall Street Journal bahwa Xoom versi Wi-Fi akan menjadi "lebih murah. Harga iPad  599 dolar, dan kami tak jauh dari itu"

Xoom adalah tablet pertama yang menggunakan sistem operasi Android versi 3.0. Sistem operasi itu disebut Honeycomb dan dirancang khusus untuk tablet. Perangkat itu dapat menyimpan 32 gigabyte senilai file dan memiliki sepasang kamera untuk video chat.

Berbeda dengan iPad, Xoom akan hadir dengan pemutar video Flash. Adobe Systems mengatakan Flash versi terbaru akan tersedia dalam beberapa minggu setelah peluncuran Xoom.

Apple dipastikan akan mengumumkan iPad terbaru pada 2 Maret. Baru-baru ini Verizon mulai menjual iPhone 4 dan iPad di toko-tokonya, artinya ada kecenderungan bahwa Verizon juga akan menangani  iPad baru.
(ADM/A038/BRT)





Penerjemah: Adam Rizallulhaq
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011