Facebook mengirim pesan terbuka dalam mendukung pasangan gay dan lesbian untuk para pengguna di seluruh dunia
London (ANTARA News) - Facebook sudah menambahkan "civil union" dan "domestic partnership" pada pilihan status hubungan, langkah yang mendapat sambutan dari aktivis kampanye hak-hak persamaan.

Telegraph melaporkan bahwa pilihan baru itu sudah diluncurkan lebih dari dua hari lalu dan tersedia untuk anggota di Inggris, Amerika Serikat, Kanada, Perancis dan Australia.

Sebelumnya para anggota hanya bisa memilih dari single, "in relationship", engaged, married, "it's complicated", widowed, separated, divorced dan "in an open relationship" sebagai status hubungan mereka yang mungkin.

Sekarang "in a civil union" (perkawinan pasangan sesama jenis yang disetujui oleh otoritas sipil) dan "in a domestic partnership" (pasangan yang tinggal serumah tanpa ikatan pernikahan), sudah ditambahkan dalam daftar pilihan.

Para pengguna tidak harus mengisi status hubungan mereka dan bisa hanya memilih untuk menyembunyikan itu dari profil publik mereka.

"Facebook mengirim pesan terbuka dalam mendukung pasangan gay dan lesbian untuk para pengguna di seluruh dunia," kata Jarrett Barrios, presiden Gay & Lesbian Alliance Against Defamation, kepada San Francisco Chronicle, seperti dikutip Telegraph.

"Saat jutaan pengguna Facebook melihat pilihan status hubungan ini, mereka meningkatkan pemahaman yang lebih besar pada ketidaksetaraan hukum yang dihadapi oleh para pasangan sesama jenis yang penuh cinta dan berkomitmen di banyak negara saat ini."

"Bisa melihat pasangan sesama jenis dalam 'civil union' dan 'domestic partnership' yang merayakan hubungan mereka tidak berbeda dengan pasangan menikah akan berfungsi sebagai pengingat bahwa ada pasangan lain yang kurang mendapatkan pengakuan dan perlindungan hukum yang sama terkait pernikahan. Langkah penting Facebook agar juga menyoroti sebagian besar pasangan sesama jenis yang tinggal di negara di mana tidak ada perlindungan hukum apa pun."

Seorang juru bicara Facebook mengatakan:"Ini merupakan fitur yang sangat diminta para pengguna. Kami ingin memberi pilihan bagi orang-orang untuk benar-benar dan otentik mencerminkan hubungan mereka di Facebook."

(ENY/S026)

Penerjemah:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011