Jakarta (ANTARA News) - Ganda putra Jung Jae Sung/Lee Yong Dae menyelamatkan muka tuan rumah Korea pada turnamen perdana Super Series Premier, Korea Terbuka, sebagai satu-satunya peraih gelar di luar pemain China.

Pasangan unggulan keenam itu pada final turnamen berhadiah 1,2 juta dolar AS tersebut, Minggu, mengalahkan unggulan teratas asal Denmark Mathias Boe/Carsten Mogensen 21-6, 21-13 untuk menyumbang gelar bagi tuan rumah sekaligus gelar ketiga berturut-turut di rumah sendiri.

"Dukungannya luar biasa dan senang rasanya bisa mempertahankan gelar," kata Jae Sung seperti dikutip laman resmi Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF).

"Kami kira ini akan menjadi pertandingan yang sulit, tetapi fans membuatnya mudah bagi kami. Kami berharap bisa melihat lagi Anda semua di sini pada Korea Terbuka 2012," tambah Yong Dae yang bersama pasangannya memperoleh hadiah uang 94.800 dolar AS atas kemenangan tersebut.

Pasangan tersebut juga menghindarkan China menyapu bersih gelar dengan menjadi satu-satunya peraih gelar yang berasal dari luar Negeri Tirai Bambu tersebut.

China menyapu keempat gelar tersisa dengan tiga di antaranya melalui final sesama pemain China.

Gelar keempat bagi China disumbangkan oleh juara Olimpiade Beijing 2008 Lin Dan yang mengalahkan pemain nomor satu dunia Lee Chong Wei dari Malaysia dengan kemenangan 21-19, 14-21, 21-16 yang diraih dalam waktu satu jam 14 menit.

Ganda putri unggulan keenam Wang Xiaoli/Yu Yang menyisihkan rekan senegara mereka Tian Qing/Zhao Yunlei yang menjadi unggulan kedelapan 21-18, 19-21, 21-4 dalam satu jam tujuh menit untuk merebut gelar ganda campuran.

Begitu pula tunggal putri unggulan ketiga Wang Yihan menundukkan sesama pemain China, unggulan kedua Wang Shixian 21-14, 21-18.

Gelar ganda campuran diraih unggulan kelima Zhang Nan/Zhao Yunlei setelah mereka bermain selama satu jam 10 menit untuk mengalahkan unggulan keenam yang juga berasal dari China Tao Jiaming/Tian Qing 21-17, 13-21, 21-19.(*)

(T.F005/I015)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011