Doha (ANTARA News/AFP) - Pemain tengah Manchester United Park Ji-Sung mundur dari tugas internasional Korsel setelah genap 100 kali memperkuat timnas negara tersebut, kata pelatih timnas Korsel Cho Kwang-Rae, Sabtu WIB.

Park (29) menggenapi penampilan ke-100 itu ketika timnya bertanding adu penalti melawan Jepang pada semifinal Piala Asia di Qatar pekan ini.

Namun pemain itu tidak turun dalam pertandingan saat Korel menang 3-2 atas Uzbekistan dalam pertandingan perebutan tempat ketiga. Cho mengatakan bahwa dia tidak ingin pemain itu mengalami cedera.

Cho memuji Park serta mantan pemain Tottenham Hotspur Lee Young-Pyo (33) yang telah lebih dulu memutuskan mundur dari karier internasionalnya setelah tampil untuk yang ke-127.

"Saya senang mengatakan sesuatu tentang Park Ji-Sung dan Lee Young-Pyo," kata Cho. "Mulai hari ini mereka mundur dari karir sepakbola internasional, saya ingin katakan mereka telah bekerja dengan baik untuk sepakbola Korsel dan saya juga ingin katakan saya senang dengan kerja mereka," katanya.

"Saya sebetulnya ingin mempertahankan mereka di timnas, tapi mereka telah menyelesaikan tugas dengan bagus di sepakbola internasional dan saya yakin pendukung Korsel akan mengucapkan selamat kepada keduanya yang telah bekerja dengan baik," tambahnya.

Namun Park menolak memberi alasan mengapa dia mundur mendadak setelah pertandingan dan mengatakan dia akan segera mengadakan pertemuan pers di Seoul, Senin pekan depan.

"Saya akan katakan setelah saya kembali ke Korsel, saya akan mengadakan pertemuan pers untuk mengatakan alasan saya mundur," jelasnya sambil mengatakan bahwa dia merasa tim Korsel telah menunjukkan kemajuan besar.

"Saat ini banyak pemain muda yang berbakat dan memiliki ketrampilan penuh, teknik mereka hebat," katanya.

"Mereka hanya perlu menimba pengalaman dan saya pikir turnamen ini sangat penting bagi tim," katanya.

"Saya pikir beberapa pemain pantas pergi ke Eropa dan mendapatkan pengalaman, kemudian mereka akan menjadi lebih kuat dibanding sekarang," tambahnya.

Ditanya mengenai masa depan yang diinginkannya setelah mundur, Park mengatakan dirinya ingin konsentrasi di klub.

"Masa depan saya? Saya akan mencoba berkonsentrasi di klub dan saya akan berusaha membantu mereka memenangi semuanya," katanya.

SYS/A020

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011