Davos, Swiss (ANTARA News) - Kanselir Jerman Angela Merkel pada Jumat meminta negara-negara Eropa untuk memangkas defisit mereka dan memperingatkan bahwa utang merupakan ancaman utama bagi ekonomi kawasan yang dilanda krisis.

"Utang adalah bahaya terbesar bagi kemakmuran di benua ini. Inilah mengapa kita harus tegas bekerja melawan hal  tersebut," kata Merkel kepada para pemimpin bisnis yang berkumpul pada pertemuan Forum Ekonomi Dunia di Davos.

Pemimpin ekonomi terbesar di Eropa itu, juga memperbaharui janjinya untuk mempertahankan blok mata uang tunggal. Dia mengemukakan bahwa "tidak ada keraguan tentang hal ini dan kita perlu melanjutkan kebijakan stabilitas euro."

Jerman telah mendorong reformasi di zona euro dan  menyerukan negara-negara berutang seperti Yunani dan Irlandia untuk mengurangi pinjaman. Merkel menunjuk ke negaranya sendiri sebagai contoh.

"Konsolidasi anggaran tetap yang terpenting bagi kami dan tidak menyebabkan masalah, justru sebaliknya," kata Merkel.

Ekonomi Jerman telah kembali pulih  dari resesi yang mendalam. Merkel mencatat bahwa negaranya, eksportir kedua terbesar dunia setelah China, juga mengurangi ketergantungan pada ekspor.

"Kepercayaan konsumen telah kembali ke Jerman dan kami memiliki dorongan yang kuat untuk konsumsi domestik," katanya.

"Hal tersebut bagi saya menunjukkan bahwa kebijakan fiskal yang sehat dan pertumbuhan tidak perlu menjadi kontradiksi dalam terminologi," bantah dia.
(A026/A038)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011