Teheran (ANTARA News/AFP) - Serangkaian gempa melanda wilayah selatan Iran tepatnya di provinsi Kerman pada Kamis, mengakibatkan puluhan rumah rusak di wilayah pedesaan yang terkena bencana itu, menurut laporan laman resmi televisi pemerintah.

Gempa terkuat berkekuatan 6,0 skala Richter, terjadi di dekat kota Mohammadabad-Rigan pada sekitar pukul 12.08 waktu setempat (15.38 WIB) dan diikuti sebuah guncangan 4,8 skala Richter pada pukul 12.13 waktu setempat (15.43 WIB), menurut laporan itu.

Sebelumnya pada Kamis Mohammadabad-Rigan telah diguncang gempa berkekuatan 5,1 dan 4,0 skala Richter.

Pejabat setempat mengatakan semua gempa tersebut tidak menimbulkan korban jiwa.

"Namun 70 persen rumah dan kebun dari wilayah pedalaman rusak dan jalan-jalan menuju wilayah tersebut terhambat," kata wali kota Mohammad Berzang seperti dikutip laman siaran pemerintah itu.

Deputi Gubernur Mohammad Javad Kamyab mengatakan kepada kantor berita ISNA bahwa 50 rumah rusak di desa Dazan, provinsi Kerman.

Berzang mengatakan kepada kantor berita Fars bahwa pusat gempa berlokasi di areal pegunungan, dan sejauh ini pihaknya belum menerima laporan adanya korban luka maupun tewas.

Mohammadabagad-Rigan terletak 100 kilometer di tenggara Bam, wilayah yang pada Desember 2003 lalu diguncang gempa 6,3 skala Richter dan menewaskan 31.000 orang -- hampir setengah dari populasinya -- serta merusak sebuah benteng kuno yang terbuat dari tanah.

Iran terletak di beberapa jalur patahan utama dari kerak bumi sehingga rawan dilanda kegiatan seismik yang merusak.(*)

(Uu.KR-PPT/M014)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011