Ini perubahan terbesar dalam teknologi PC sejak prosesor x86 ditemukan 40 tahun lalu
Singapura (ANTARA News) - AMD meluncurkan kelas baru prosesor terakselerasi  di Asia Pasifik dengan nama AMD Fusion Family of  Accelerated Processing Units (APUs).  AMD mengklaim bahwa produk baru tersebut memiliki kemampuan komputasi lebih baik dibandingkan  prosesor lain saat ini.

Prosesor AMD Fusion  APU mengintegrasikan teknologi multi-core CPU (x86), engine grafis yang kuat dengan kemampuan DirectX 11, blok akselerasi video HD, dan bus kecepatan tinggi yang menghantar data antar beragam core.

Fitur-fitur baru pada prosesor itu  meliputi stutter-free HD video playback,  terobosan dalam daya komputasi untuk menangani aplikasi-aplikasi grafis yang paling berat, kemampuan grafis DirectX 11 dan daya tahan baterai sepanjang hari.

“Ini perubahan terbesar  dalam teknologi PC sejak prosesor x86 ditemukan 40 tahun lalu,” kata Ben Williams, Corporate Vice President General Manager,  AMD Asia Pasifik saat peluncuran di Singapura.

AMD  mengemukakan  ada lebih dari 35 sistem berbasis AMD Fusion yang akan diluncurkan di wilayah Asia Pasifik pada pertengahan tahun 2011. AMD  juga mengemukakan harapan agar produsen terkemuka seperti Acer, Asus, Dell, Fujitsu, HP, Lenovo, MSI, Samsung, Sony dan Toshiba akan segera mengumumkan rencana  untuk menghadirkan sistem berbasis AMD Fusion APU.

Menurut Williams, selama ini para pengembang perangkat lunak kerap terbatasi dengan keterbatasan kemampuan CPU dan GPU pada PC. AMD Fusion APU akan menghapus hambatan ini dan memungkinkan para pengembang untuk memanfaatkan daya pemrosesan paralel dari sebuah GPU.

Pada produk yang segera hadir yaitu A-Series "Llano" APU terdapat lebih dari 500 GFLOP, layaknya  performa superkomputer dalam pekerjaan komputasi sehari-hari.

Makin banyak aplikasi bisa dijalankan secara simultan dan lebih cepat dibandingkan rancangan sebelumnya pada kelas yang sama.

"AMD Fusion mengubah industri komputasi dengan menghadirkan pengalaman digital yang lebih nyata bagi pengguna PC," kata Williams.

Teknologi AMD Fusion juga memungkinkan baterai menyala sehari penuh yaitu  10 jam atau lebih. Fitur baru penghemat daya ini dapat memperpanjang waktu di antara plug-ins (pengisian baterai), bahkan saat  menikmati konten HD.
(A038/A038/BRT)

Pewarta: Aditia Maruli Radja
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011