Doha (ANTARA News/Reuters) - Jepang memastikan satu tempat di final Piala Asia setelah mereka mengalahkan Korea Selatan 3-0 dalam adu penalti karena hingga perpanjangan waktu pertandingan berakhir kedudukan imbang 2-2 pada semifinal di Al Gharafa Stadium, Selasa.

Jepang yang tiga kali menjadi juara turnamen itu pada final yang akan digelar Sabtu akan bertanding melawan pemenang pertandingan semifinal Selasa malam antara Uzbekistan dan Australia.

Pemain pengganti Hajime Hosogai tadinya mengira kalau dia sudah memenangi pertandingan bagi Jepang setelah dia menjebol gawang dari bola muntah kiper Korea Selatan Jung Sung-ryong saat mementahkan tembakan penalti Keisuke Honda pada menit ke-97.

Tapi kemudian Hwang Jae-won dalam sebuah kemelut menjebol gawang Jepang pada menit terakhir perpanjangan waktu untuk memaksakan diadakannya adu penalti untuk menentukan pemenang.

Sebelumnya, Ki Sung-yueng membuat Korsel yang dua kali menjadi juara itu unggul melalui gol dari titik penalti pada menit ke-23 sebelum Ryoichi Maeda menyamakan kedudukan bagi Jepang melalui pergerakan yang luar biasa 13 menit kemudian.(*)
(Uu.I015/Z002)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011