Palembang (ANTARA News) - Wakil Presiden Boediono meninjau pembangunan Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang, Sumatera Selatan yang akan digunakan untuk SEA Games ke-26, sejak 11 hingga 25 November 2011.

Wapres Boediono datang ke gelora tersebut, Jumat didampingi Ibu Herawati Boediono, Menpora Andi Mallarangeng, Mendagri Gamawan Fauzi, Menteri PU Djoko Kirmanto, serta Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin.

Dalam kesempatan itu Wapres mendapat penjelasan secara rinci dari Gubernur Alex mengenai perkembangan pembangunan gelora tersebut yang diharapkan sudah akan selesai sebelum penyelenggaraan SEA Games.

"Di kompleks ini akan ada sejumlah sarana olahraga berstandar internasional seperti atletik, renang, voli pantai serta fasilitas pendukung seperti mal," kata gubernur.

Menurut gubernur, kompleks ini nanti setidaknya bisa menampung 3.000-4.000 atlet dan ofisial. Seluruhnya diharapkan rata-rata akan bisa selesai dibangun pada akhir Juli.

"Banyak pihak yang mengatakan bahwa pembangunan sejumlah lapangan yang akan digunakan tidak bisa selesai. Namun akan tetap kami upayakan bisa selesai sesuai target," katanya.

Gubernur mengatakan bahwa pihaknya akan berupaya keras untuk bisa menyelesaikan seluruh sarana dan prasarana persiapan SEA Games, dan setidaknya telah menyiapkan lebih 2.500 pekerja.

"Kalau ini tidak bisa selesai sesuai dengan target, maka akan membuat malu bangsa dan negara. Untuk itu kami minta semua pihak dapat memberikan dukungan termasuk rekan wartawan," kata gubernur.

Gubernur mengatakan total biaya yang akan dihabiskan untuk membangun sarana dan prasarana kompleks itu mencapai Rp,2,2 triliun yang antara lain diperoleh dari APBD, pemerintah pusat, kementerian dan pihak ketiga.(*)

(T.A025/P004/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011