Samarinda (ANTARA News) - Kesebelasan Persisam Putra Samarinda berhasil mengalahkan Persib Bandung dengan skor tipis 1-0 pada lanjutan Indonesia Super Liga (ISL), Kamis sore (20/1) di Stadion Segiri Samarinda.

Gol tunggal tuan rumah diciptakan oleh pemain asal Kamerun Tsimi Jaques Joel pada menit ke-85.

Dilaporkan bahwa Tsimi berhasil mengecoh Markus Horison penjaga gawang Persib Bandung, setelah melakukan akselerasi dengan melewati dua pemain belakang Persib dan melepas tendangan keras mendatar yang gagal di halau oleh Markus Horison.

Pada pertandingan sore itu, kedua tim bermain dalam tempo tinggi, sehingga beberapa kali pelanggaran terjadi dan memaksa wasit Suharto asal Jakarta mengeluarkan satu kartu merah dan empat kartu kuning.

Kartu merah diberikan Suharto kepada Christian Gonzales pada menit ke-75.

Sedangkan kartu kuning diberikan kepada dua pemain Persisam yakni Fandi Mochtar pada menit ke-30 dan Isdiantono pada menit ke-79. Wasit juga mengeluarkan dua kartu untuk Persib oleh Baihaki pada menit ke-32 dan Pablo Frances pada menit ke-67.

Pada babak pertama meski banyak peluang yang diciptakan oleh pemain baik dari tim tuan rumah maupun tim tamu, namun tak satupun bisa tercipta gol. Kedudukan sama kuat 0-0 bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua tuan rumah diuntungkan dengan kartu merah Christian Gonzales pada menit ke-75.

Kartu merah yang diberikan wasit Suharto, memunculkan kontroversi karena gonzales tidak melakukan pelanggaran kepada pemain lawan. Paska kartu merah itu, tuan rumah tidak mau menyia-nyiakan dalam keunggulan jumlah pemain.

Akbar rasid dkk terus melakukan tekanan dan mengepung pertahanan tim Persib Bandung. Gempuran yang dilakukan oleh pemain tuan rumah, akhirnya membuahkan hasil dengan gol yang diciptakan oleh Tsimi Jaques Joel.

Hingga akhir pertandingan skor 1-0 untuk keunggulan tuan rumah tidak berubah.

Robby Darwis, Asisten Pelatih Persib Bandung mengakui secara umum pertandingan berjalan menarik karena baik tim tuan rumah maupun anak-asuhnya telah mempertontonkan pertandingan seru dan saling menyerang.

"Namun, sayangnya tim Persib harus bermain dengan sepuluh orang, dan itu menjadi penyebab kekalahan atas tim tuan rumah. Jalannya pertandingan sudah cukup bagus, hanya wasitnya saja yang tidak bagus, sehingga tim kami kalah," papar dia.

Hendri Susilo pelatih Persisam tetap mengakui bahwa anak didiknya telah bermain oprtimal, dan akhirnya membuahkan hasil kemenangan.

"Pertandingan berjalan menarik, dan saya bersyukur anak-anak bisa memenangi pertandingan yang cukup berat ini," imbuhnya.(*)
(T.KR-RMT/I014/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011