Samarinda (ANTARA News) - Langkah tim Persisam Putra Samarinda untuk mendongkrak posisinya di klasemen Indonesia Super League (ISL) semakin mulus setelah menekuk Sriwijaya FC 4-1 di Stadion Segiri Samarinda, Minggu sore.

Empat gol tuan rumah dicetak oleh Achmad Sembiring Sembiring pada menit 22, Julio Lopes pada menit 25 dan 90 dan Ronald Fagundes pada menit 82, Sedangkan gol balasan Sriwijaya FC dicetak oleh Supardi pada menit 92.

Pertandingan kedua tim pada sore itu berlangsung dalam tempo yang cepat dan keras, sehingga memaksa wasit Oki Dwi Putra dari Bandung mengeluarkan lima kartu kuning dan satu kartu merah.

Kartu kuning diberikan petugas berbaju hitam itu kepada dua pemain tuan rumah yakni achmad sembiring dan Irsad Aras dan tiga untuk tim tamu yakni Firman Utina, Bobby Satria dan Diano.

Sedangkan hukuman kartu merah diberikan kepada Okto Maniani pemain Sriwijaya FC, akibat aksi protesnya yang berlebihan kepada wasit.

Semangat anak asuh Hendri susilo pada pertandingan itu menjadi kunci keberhasilan meraup tiga angka penuh menghadapi kandidat juara ISL, Sriwijaya FC yang bermaterikan lima pemain nasional.

Akbar Rasid dkk berhasil unggul dua gol pada babak pertama dan kemudian memperbesar kemenangan dengan tambahan dua gol pada babak kedua.

Memang pada pertandingan itu Ivan kolev harus memutar strategi untuk memperkecil ketertinggalan gol dengan memasukan dua pemain baru pada babak kedua yakni Okto Maniani dan Budi Sudarsono.

Tapi,sayangnya masuknya tenaga baru justru menjadi bumerang bagi tim Sriwijaya, karena beberapa menit setelah masuk menggantikan Arief Suyono, Okto diganjar kartu merah oleh wasit karena melakukan protes keras dan melakukan penyerangan kepada wasit pemimpin pertandingan.

Ambisi tim tamu untuk mengejar ketertinggalan gol juga semakin sulit ketika Firman utina, harus keluar dari lapangan karena mengalami cedera.

Tim tamu mampu memperkecil kekalahan dengan satu gol yang dicetak oleh Supardi, memasuki injuri time babak kedua hampir berakhir.

Pelatih Sriwijaya FC, Ivan Kolev mengakui bahwa timnya memang tampil jelek, dan sebaliknya tuan rumah Persisam tampil lebih baik sehingga mereka bisa mendapatkan kemenangan.

"Banyak kesalahan yang dilakukan oleh pemain saya terutama di kotak enam belas, dan inilah yang membuat beberapa gol tuan rumah terjadi," terang Kolev.

Kolev juga menyayangkan sikap Okto sehingga mendapat kartu merah oleh wasit.

"Seharusnya dia bisa menjadi contoh pemain lainnya karena dia sudah masuk timnas, ya mudah-mudahan kejadian seperti ini tidak terulang lagi," tegas Kolev.

Sementara itu Hendri Susilo mengaku lega dengan hasil yang dicapai oleh timnya, menurut dia hasil ini punya arti yang besar untuk motivasi para pemainya menghadapi dua laga berkutnya melawan Persib Bandung dan Bontang FC.

"Saya sangat bangga dengan kerja keras para pemain, dan mudah-mudahan ini adalah titik balik tim kami menyongsong pertandingan berkitnya, semoga pertandingan berikutnya tim kami tetap mendapatkan hasil positif," jelas Hendri.

Susunan pemain:

-Persisam Putra : Wawan Hendrawan (kiper), Tsimi Jacques Joel, Muhammad Roby, Irsad Aras, Isdiantono, Akbar Rasyid, Ahmad Sembiring, Fandi Mochtar/ Choi Dong Soo 58`, Ronald Fagundez, Julio Lopez, Pavel Solomin.

-Sriwijaya FC: Fery Rutinsulu(kiper), Diano, Thery, Supardi, Ridwan, Dirga, Firman Utina/ Bobby Satria, Mahyadi Panggabean/ Budi Sudarsono,46`, Arief Suyono/Okto Maniani 46`, Keith Kayamba, Rudi Widodo.(*)
(T.KR-RMT/T009/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011