Jenewa (ANTARA News/AFP) - Dana Global untuk Memerangi AIDS, TBC dan Malaria Selasa mengatakan bahwa pejabat Prancis Michel Kazatchkine telah ditunjuk kembali sebagai direktur eksekutifnya selama tiga tahun lagi.

"Saya mengucapkan selamat pada Profesor Kazatchkine atas penunjukannya sebagai direktur eksekutif," kata Tedros Adhanom Ghebreyesus, yang memimpin dewan pengurus Dana Global.

"Ia telah memimpin Dana Global melalui masa pertumbuhan cepat yang telah memungkinkan banyak negara membuat kemajuan besar untuk mencapai Sasaran Pembangunan Milenium (MDGs) terkait-kesehatan," kata Ghebreyesus, yang adalah juga menteri kesehatan Ethiopia.

Kazatchkine, dilukiskan oleh dana itu sebagai "seorang dokter yang disambut gembira dan pakar kesehatan global", pertama kali ditunjuk sebagai direktur eksekutifnya pada Febuari 2007.

Dana Global, perhimpunan umum-swasta, telah menginvestasikan miliaran dolar di 150 negara sejak organisasi itu dibentuk pada 2002, setelah diawali dengan sumbangan dari miliarder perangkat lunak Bill Gates. (S008/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011