Zurich (ANTARA News) - Baru menjadi pelatih selama sepuluh tahun dan telah meraih penghargaan Pelatih Terbaik 2010 dari federasi sepak bola dunia (FIFA), Jose Mourinho mengklaim bahwa pencapaiannya itu sungguh sensasional.

"Sangat luar biasa. Saya telah meraih penghargaan ini hanya sepuluh tahun berkarir sebagai pelatih kepala. Saya telah berubah dari hanya seorang asisten menjadi pelatih terbaik di dunia," kata Mourinho dalam wawancara dengan Fifa,com dalam acara penganugerahan gelar Ballon d'Or di Zurich Kongresshaus, Swiss, Selasa.
"Jadi pencapaian saya sungguh sensasional," tegas pelatih yang kini menangani Real Madrid itu.

Mourinho yang pada 26 Januari mendatang baru menginjak usia 48 tahun itu berhasil menyisihkan dua pelatih asal Spanyol, Vicente del Bosque dam Pep Guardiola dalam pemilihan itu.
Dalam jajak pendapat yang digelar FIFA untuk menentukan pemenangan anugerah itu, Mouriho mendapatkan 35,92 persen suara, sementara Del Bosque 33,08 persen, dan Guardiola 8,45 persen. Jajak pendapat itu melibatkan para kapten tim dan pelatih kepala tim nasional serta perwakilan media yang diseleksi oleh 'France Football'.

Sementara itu dalam pagelaran tahunan FIFA itu, Lionel Messi dinobatkan sebagai Pemain Terbaik 2010, gelar yang juga diterima striker asal Argentina itu tahun lalu.
Gelar Pesepak Bola Perempuan terbaik 2010 jatuh pada pemain Brazil, Marta. Pelatih tim perempuan terbaik diraih oleh Silvia Neid, pelatih tim nasional perempuan Jerman.

Sementara Uskup Desmond Tutu menerima FIFA Presidential Award untuk karyanya dalam pengembangan generasi muda dunia dan kontribusinya dalam menggunakan sepak bola sebagai alat positif untuk perubahan sosial. Ia juga aktif mendukung Afrika Selatan untuk menjadi negara Afrika Pertama yang menjadi tuan rumah Piala Dunia. (Ber/A024)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011