Jakarta (ANTARA News) - Pebulu tangkis nomor satu dunia Lee Chong Wei merajai Final Super Series dengan meraih gelar ketiga berturut-turut setelah mengalahkan pemain Denmark Peter Gade pada final, Minggu.

Pada turnamen bagi delapan pemain/pasangan terbaik dalam Super Series yang digelar di Taiwan itu, pemain asal Malaysia tersebut mengalahkan Peter dua game langsung 21-9, 21-14.

"Senang sekali rasanya menang ketiga kalinya di sini. Akan bagus jika Lin Dan juga ada di sini, karena itu akan menghasilkan pertandingan-pertandingan bagus bagi penonton," kata Lee Chong Wei seperti dikutip laman berita bulu tangkis badzine.net, Minggu.

Peter, menurut dia, adalah pemain yang sangat berpengalaman, dan melawan dia selalu sulit.

"Peter adalah pemain yang sangat berpengalaman, saya tidak tahu bagaimana dia bisa tetap kompetitif di usia 34 tahun," tambah Chong Wei yang berhak atas hadiah uang 40.000 dolar AS untuk kemenangan tersebut.

Soal karirnya tahun ini, Chong Wei mengatakan tidak akan berjuang mati-matian mempertahankan peringkat satunya. Namun untuk memastikan lolos ke Olimpiade 2012, ia ingin tetap berada di posisi tiga besar.

"Saya tidak ingin berisiko cedera dengan memainkan terlalu banyak turnamen, namun tentu saja saya akan bermain pada semua Super Series Premier," katanya.

Super Series Premier adalah turnamen yang mulai digelar tahun ini, terdiri atas lima turnamen dengan hadiah lebih besar dari Super Series lainnya kecuali Malaysia yang menyediakan hadiah 400 ribu dolar AS.

Turnamen tersebut adalah Korea (berhadiah 1,2 juta dolar AS), All England (350 ribu dolar AS), Indonesia (600 ribu dolar AS), Denmark (350 ribu dolar AS) dan China Terbuka (350 ribu dolar AS).

Adapun Peter yang baru pulih dari cedera punggung mengaku tidak menyangka bisa mencapai final dalam turnamen berhadiah total 500.000 dolar AS tersebut.

"Tentu saja saya tidak mengira berhasil mencapai final. Saya bangga dengan apa yang saya lakukan di turnamen ini. Terutama setelah cedera punggung, saya hanya datang ke sini dengan harapan memainkan beberapa pertandingan dan melakukan yang terbaik," kata Peter yang akan absen di Malaysia Super Series (18-23 Januari).

Sementara itu China memborong tiga dari lima gelar yang diperebutkan dengan menjuarai final tunggal putri, ganda putri dan campuran.

Unggulan pertama Wang Shixian mengalahkan pemain Korea Bae Youn Joo 21-13, 21-15 untuk meraih gelar tunggal putri dan berhak membawa pulang hadiah uang 40.000 dolar AS.

Sedangkan pasangan Wang Xiaoli/Yu Yang mengalahkan rekan senegara mereka Cheng Shu/Zhao Yunlei 21-7, 21-17 untuk meraih mahkota ganda putri sekaligus hadiah uang 42.000 dolar AS.

Gelar ganda campuran diraih pasangan Zhang Nan/Zhao Yunlei yang menundukkan pasangan Thailand Sudket Prapakamol/Saralee Thoungthongkam 21-17, 21-12.

Adapun juara ganda putra diraih unggulan pertama asal Denmark Carsten Mogensen/Mathias Boe yang menang 21-17, 21-15 atas Jung Jae Sung/Lee Yong Dae dari Korea.(*)
(T.F005/I015/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011