Washington, AS (ANTARA News) - Presiden Amerika Serikat Barack Obama mengatakan Sabtu bahwa penembakan di Arizona yang menyebabkan sedikitnya lima orang tewas dan seorang anggota Kongres dari partai Demokrat terluka adalah "tragedi bagi seluruh negara kita".

Dalam satu pernyataan di depan kamera di Gedung Putih, Obama menyatakan penembakan di luar sebuah pusat perbelanjaan di negara bagian di AS baratdaya itu merupakan "tindakan tak terkatakan" dan mengatakan penyelidikan penuh atas tragedi itu sedang berlangsung.

"Ini lebih dari tragedi bagi orang-orang yang terlibat, ini tragedi bagi Arizona, tragedi bagi seluruh negara kita", kata Obama, yang menambahkan bahwa ia telah mengirim Direktur FBI Robert Mueller ke Arizona untuk membantu memimpin penyelidikan.

Menurut Obama, seorang anak perempuan berusia sembilan tahun dan seorang hakim federal termasuk di antara mereka yang tewas dalam penembakan di Arizona, tempat anggota Kongres Gabrielle terluka berat.

"Kami masih akan mengumpulkam semua fakta tapi kami tahu anggota Kongres Giffords adalah salah satu korban, ia sekarang di sebuah rumah sakit di daerah itu dan ia sedang berjuang untuk hidupnya," kata Obama dalam pernyataan tersebut.

"Kami juga tahu bahwa sedikitnya lima orang telah kehilangan jiwa mereka dalam tragedi itu ... termasuk di antara mereka hakim federal John Roll ... dan seorang anak perempuan yang baru sembilan tahun usianya.(*)

AFP/S008

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011