Jayapura (ANTARA News) - Pesta kembang api dan tiupan terompet menandai pergantian tahun 2011 di Kota Jayapura, Papua, Jumat.

Tembakan kembang api dengan suara menggelegar dan bersahut-sahutan terdengar dari berbagai sudut Kota Jayapura. Warga sejak beberapa hari lalu menyiapkan kembang api untuk disulut dalam prosesi pesta di malam Tahun Baru 2011.

Penyambutan malam tahun Baru di Kota Jayapura dipusatkan di Kantor Gubernur Papua, Jalan Soa-Siu Dik II, Pantai Yos Sudarso, dan Taman Mezran.

Mereka berkumpul di tiga titik tersebut untuk menunggu detik-detik pergantian tahun. Warga memenuhi ketiga kawasan itu sejak pukul 20.00 WIT.

Meski minim hiburan panggung terbuka di kota itu, namun tidak menyurutkan niat warga kota untuk tetap keluar rumah merayakan malam pergantian tahun.

Sementara itu konvoi kendaraan mewarnai jalanan Kota Jayapura dari Abepura, Entrop, Taman Imbi dan menyebar ke berbagai penjuru Kota Jayapura.

Mereka kembali dengan cara berkonvoi kendaraan sambil meniup terompet atau memainkan gas kendaraan bermotor sehingga mengakibatkan suara bising.

Kepadatan arus lalu lintas terjadi di beberapa ruas jalan raya di Kota Jayapura seperti Jalan Ahmad Yani, Jl Soa-Siu, serta beberapa ruas jalan lainnya.

Antrian kendaraan juga terjadi di kaasan menuju lokasi wisata pantai Yos Sudarso yang membentang sepanjang dua kilometer. Namun bagi sebagian warga yang terjebak kemacetan di kawasan itu menjadi seni`tersendiri di malam pergantian tahun.

Lokasi wisata pantai Yos Sudarso menjadi Rute utama di Kota Jayapura sehingga terus dikawal ketat petugas kepolisian.

Puluhan aparat Kepolisian sejak pukul 20.00 WIT telah siaga untuk melakukan menjagaan sepanjang perayaan malam pergantian tahun.(*)
(KR-ALX/R009)


Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010