Bogor (ANTARA News) - Jalur transportasi menuju Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, hingga Jumat petang masih lancar, menjelang diberlakukannya penutupan arus lalu-lintas pada pukul 20.00 WIB

Berdasarkan pantauan ANTARA dari Pos Polisi Simpang Gadog, Ciawi, Jumat petang dilaporkan, tidak terjadi kepadatan arus yang berarti di sejumlah titik rawat kepadatan di Jalan Raya Puncak.

Volume kendaraan mulai berkurang sejak pukul 14.00 WIB hingga saat ini.

Pantauan dari CCTV Pos Polisi TMC Satlantas Polres Bogor Simpang Gadok, arus lalu-lintas dari arah tol Jagorawi menuju Gadog lancar, begitu pula di Mega Mendung ruas jalan terlihat sepi dari kendaraan.

Sementara itu, di Pasar Cisarua, arus kendaraan terpantau ramai lancar, begitu juga di Taman Safari Indonesia namun tidak sepadat di Pasar Cisarua.

Menurut petugas TMC Satlantas Polres Bogor, Briptu Budi Hermansyah, jumlah kendaraan roda empat sudah relatif berkurang mulai siang hari.

"Tapi jumlah kendaraan roda dua lumayan banyak, tapi tidak terlalu padat," katanya.

Sementara itu, Wakapolres Kompol Dwi Aksomo yang meninjau lokasi mengatakan, puncak kepadatan arus terjadi pada Kamis (30/12) malam hingga Jumat pagi.

Menurut Dwi, masyarakat sudah banyak yang tahu tentang penutupan arus Puncak sehingga sudah berdatangan lebih awal sebelum pemberlakuan penutupan arus.

"Arus sudah mulai berkurang, puncak kepadatan terjadi malam kemarin hingga pagi harinya. Karena banyak masyarakat yang sudah mengetahui tentang penutupan arus Puncak sehingga datang lebih awal," katanya.

Dwi mengatakan, jumlah kendaraan yang naik menuju Puncak sejak Jumat (24/12) rata-rata sebanyak 25.000 kendaraan khusus untuk roda empat.

Sementara itu, Kapolres Bogor AKBP Dadang Raharja mengatakan penutupan arus dilakukan untuk mengantisipasi stagnasi dan kepadatan arus di kawasan Puncak.

"Kita melihat jumlah kendaraan cukup banyak setiap tahunnya sementara ruas jalan yang ada makin berkurang. Untuk mengantisipasi kepadatan arus makan kita berlakukan penutupan tersebut," katanya.

Ia menyebutkan, penutupan diberlakukan pukul 20.00 WIB hingga Sabtu (1/1/2011) pada pukul 06.00 WIB.

"Penutupan hanya diberlakukan untuk kendaraan dari arah Jakarta menuju Puncak, sementara untuk kendaraan dari Puncak menuju Jakarta tetap dibuka," katanya.

Ia menyebutkan, untuk pengamanan malam Tahun Baru, sebanyak 1.250 personel Polres Bogor dikerahkan, di mana 200 petugas disiagkan untuk mengamankan arus lalu lintas di Kabupaten Bogor.

"Untuk kawasan Puncak, ada 185 personel yang kita sebar di sembilan Posko," katanya.

Satlantas Polres Bogor, Jumat malam tengah bersiap-siap untuk melakukan penutupan jalur Puncak.

Situasi arus di kawasan puncak terlihat ramai lancar.(*)
(T.KR-LR/A035/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010