Bogor (ANTARA News) - Arus lalu lintas di kawasan Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pada Kamis padat dan kendaraan hanya bisa bergerak merayap pelan dari arah Gadog ke Puncak maupun sebaliknya.

Berdasarkan pantauan kamera CCTV yang dipasang "Traffic Management Center" Polres Bogor, kepadatan lalu lintas kawasan Puncak terjadi sejak pagi.

"Sejak pukul 06.45 WIB lalu lintas kawasan Puncak mulai padat," kata petugas TMC Polres Bogor, Bripda Ansa Kamis di Bogor.

Hasil rekaman kamera CCTV TMC Polres Bogor, sejak pukul 06.45 arus lalu lintas di sekitar Viawi dan Gadog mulai tersendat akibat banyaknya kendaraan dari arah Jakarta yang hendak naik ke arah Puncak.

Antrean kendaraan di pintu tol Ciawi terbilang cukup panjang, yakni mencapai 1 km lebih dengan tujuan sebagian besar menuju Puncak.

Bripda Ansa melanjutkan, kepadatan lalu lintas di kawasan Puncak mulai terasa padat pada pukul 07.30 WIB. "Pukul 07.30 WIB mulai tol Ciawi hingga gerbang Taman Safari terjadi kemacetan lalu lintas akibat padatnya kendaraan yang merayap," paparnya.

Kepadatan lalu lintas yang terjadi di kawasan Puncak, mendorong Polres Bogor memberlakukan kebijakan satu arah, untuk mengurai kemacetan.

"Pada pukul 09.30 WIB lalu lintas dari arah Gadog menuju Puncak diberlakukan satu arah, sedangkan dari arah Puncak ditutup," paparnya.

Kebijakan satu arah jalur Puncak diberlakukan selama satu jam setengah. Pada pukul 10.58 Polres Bogor menormalkan kembali lalu lintas dengan membuka dua arah.

Berdasarkan pantauan kamera CCTV TMC Polres Bogor pada pukul 11.24 lalu lintas kawasan Puncak telah normal kembali dua arah, namun kendaraan yang melintas padat merayap.

Pada pukul 12.00 lalu lintas dari arah Gadog menuju Puncak maupun sebaliknya masih normal. Namun lalu kendaraan tersendat akibat hujan dan turunnya kabut di sekitar perkebunan teh Cisarua.

(ANT/S026)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010