Palu (ANTARA News) - Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Tengah (Kapolda Sulteng), Brigjen Pol. M. Amin Saleh, memecat secara tidak hormat enam anggota polisi di wilayah kerjanya.

"Ini ada enam orang lagi anggota saya pecat," kata  Amin Saleh kepada ANTARA News di Palu, Jumat.

Ia mengatakan, keenam anggota polisi yang dipecat itu berasal dari sejumlah kesatuan kepolisiamnresor (polres), termasuk Polda Sulteng sendiri.

"Insya Allah hari ini saya teken," ujar mantan Kepala Pusat Provost Polri itu.

Mereka yang dipecat itu, kata Amin Saleh, terlibat dalam pelanggaran etika dan pidana seperti, masalah nikah diluar aturan kepolisian, serta kasus disersi atau indisipliner.

Menurut dia, pemecatan enam anggota polisi di akhir tahun 2010 ini merupakan yang ketiga kalinya sejak memimpin Polda Sulteng satu tahun 18 hari.

"Ini sudah yang ketiga kalinya saya pecat anggota karena dianggap melakukan pelanggaran berat," kata mantan Kapolwiltabes Kota Makassar, Sulawesi Selatan itu.

Selain itu, lanjut Amin Saleh, dirinya juga memberikan penghargaan bagi anggotanya yang berprestasi.

"Kalau itu sudah banyak juga, kemarin di Polres Tolitoli, sebelumnya juga di Polres Donggala dan Polres Palu," kata Amin Saleh.

Hal itu dilakukan, kata dia, dalam rangka membangun semangat kerja anak buahnya agar lebih solid, baik solid internal maupun eksternal.

"Jadi tidak hanya anggota saja yang dihukum, tetapi saya juga memberikan penghargaan jika berprestasi," demikian Amin Saleh.
(T.ANT-106/P003)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010