Merak (ANTARA News) - Ribuan truk yang mengangkut sembako masih menumpuk di area parkir PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan Merak, Banten, dan sepanjang jalan Cikuasa Atas, Kamis.

"Antrean panjang ini terjadi sejak dua hari lalu, dan saya sampai sekarang belum mendapatkan giliran masuk ke kawasan Pelabuhan Merak," kata salah seorang supir truk pengangkut sembako Marwandi yang ditemui di area parkir Cikuasa Atas Merak.

Menurut dia, antrean panjang kendaraan sampai dua kilometer di jalan Cikuasa Atas Merak terjadi sudah dua hari lamanya. "Kalau saya sudah satu hari tertahan di sini, sedangkan teman-teman lainnya yang sudah mengantre duluan, sudah masuk di kawasan Pelabuhan Merak," katanya menambahkan.

Hal yang sama dikatakan Firman, supir truk yang mengangkut pakan ternak. Dirinya baru mendapatkan informasi dari petugas yang mengatur di Cikuasa Atas, antrean kendaraan akan bertambah panjang menjelang Natal.

"Kemungkinan butuh sehari lagi antrean kendaraan yang saat ini ada di Cikuasa Atas Merak bisa diseberangkan, karena di pelabuhan banyak juga kendaraan yang mengantre," katanya.

Sementara itu, Kepala Cabang PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Merak Teja Suparna menjelaskan, saat ini pihaknya masih mengoperasikan 20 kapal, dari 28 kapal ferry jenis Roll on Roll off yang dipersiapkan.

"Kalau cuacanya memungkinkan, semua armada kapal roro yang tersedia dioperasikan, tapi kalau cuaca buruk, tentunya akan ada kendala dan hambatan dalam pengoperasiannya," kata Teja menjelaskan.

Pantauan dilokasi, kantung parkir di dalam kawasan pelabuhan dipadati oleh truk bermuatan sembako, begitu pula di Cikuasa Atas Merak, antrean truk memanjang sampai dua kilometer.

(ANT-152/M008/S026)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010