Jakarta (ANTARA News) - Para menteri Kabinet Indonesia Bersatu II akan merayakan Natal 2010 bersama dengan para korban bencana alam di sejumlah daerah di Indonesia, mulai dari Kepulauan Mentawai, Wasior, dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

"Itu tugas. Salah satu dari apa yang ditetapkan oleh Panitia Natal. Jadi Panitia Natal itu kan menetapkan untuk para menteri merayakan Natal bersama masyarakat Indonesia yang berada di daerah bencana," kata Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro di kompleks Istana, Jakarta, Rabu petang.

Purnomo mengatakan bahwa ia akan merayakan Natal di Pagu Selatan, Mentawai, Sumatra Barat.

"Pak Freddy (Freddy Numberi) merayakan natal di Wasior, Pak Mangindaan (EE Mangindaan) merayakan natal di Yogya, Merapi. Dan Ibu Mari (Mari E Pangestu) di Ende karena itu bersama-sama Pak Wapres (Boediono)," katanya.

Menurut Purnomo, sebelumnya dia telah dua kali ke Mentawai, yaitu pada Oktober bersama dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan yang kedua ketika memeriksa pasukannya yang mengatur logistik bantuan.

Purnomo mengatakan akan berangkat ke Bengkulu pada 25 Desember pagi sebelum kemudian melanjutkan perjalanan ke Pagu Selatan menggunakan helikopter.

"Berangkat pagi, kemudian kita terbang ke Bengkulu, dari Bengkulu kita pakai helikopter. Kemudian kita merayakan natal dengan umat kristiani di Pagu Selatan, kita menyerahkan bantuan dan kemudian juga di gereja yang waktu itu hancur," katanya.

Purnomo mengatakan akan berkunjung ke Mentawai bersama istri dan merayakan Natal bersama keluarga besar pada malam Natal.

Sementara itu, Ketua Umum Panitia Perayaan Natal Umat Kristiani tingkat nasional 2010 yang juga Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu mengatakan bahwa Panitia Perayaan Natal Tingkat Nasional 2010 telah menyalurkan bantuan dana lebih dari Rp3 miliar untuk rehabilitasi gereja dan kebutuhan warga di daerah terkena bencana mulai dari Kepulauan Mentawai, Wasior, dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Panitia, menurut Mari, telah mengirim satu kapal ke Kepulauan Mentawai membawa bantuan berupa bahan-bahan makanan pokok, tenda, serta alat-alat dapur.

Panitia juga akan membangun tiga gereja di Kepulauan Mentawai yang dilanda tsunami pada akhir Oktober 2010 serta merenovasi mesjid.

Sedangkan di Daerah Istimewa Yogyakarta, kata Mari, panitia akan membangun fasilitas mandi, cuci, kakus (MCK), membangun fasilitas air bersih dan juga merenovasi rumah-rumah penduduk.

Sementara di Wasior, Papua Barat, Mari menjelaskan, panitia akan membangun gereja-gereja serta memberikan buku tulis dan buku-buku pelajaran kepada siswa.

Sedangkan puncak perayaan Natal nasional diadakan pada 27 Desember 2010 di Jakarta Convention Center dan akan dihadiri Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.(*)

(T.G003/B013/R009

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010