New York (ANTARA News) - Sebuah kebocoran gas memaksa evakuasi darurat di Markas Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa Bangsa pada Selasa ketika akan dilakukan sesi debat yang melibatkan kalangan muda dari seluruh dunia, kata pejabat setempat.

Juru bicara PBB, Farhan Haq, mengatakan gedung dewan dan beberapa kantor di sekitar yang terletak di ruang bawah tanah Markas PBB di New York terpaksa disterilkan dari kegiatan karena bau busuk yang mencurigakan.

"Kami baru akan memulai sesi debat namun tiba-tiba tercium bau gas yang sangat kuat," kata seorang diplomat yang berada di ruangan tersebut.

Para duta besar dan sejumlah diplomat penting lain kemudian diarahkan keluar ruangan dan 150 anak yang akan berpartisipasi dalam debat sempat diarahkan ke kantor misi PBB di seberang jalan, menurut kesaksian para diplomat.

Bangunan terdekat, yaitu kantor dari Majelis Umum PBB dan kantor dari Sekretaris Jenderal Ban Ki-moon, juga sempat dievakuasi selama beberapa menit.

Sesi debat untuk anak-anak tersebut kemudian dipindahkan ke ruangan yang berada di gedung Majelis Umum PBB.

Markas PBB sedang direnovasi dengan total investasi senilai dua miliar dolar dan pengerjaan besar dilakukan terutama di bagian ruang bawah tanah.

Beberapa lantai lain di atasnya juga disterilkan dari kegiatan untuk proses renovasi itu.
(KR-PPT/H-AK/A038)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010