Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyatakan bahwa ekonomi Indonesia masih menyediakan ruang untuk tumbuh lebih besar lagi pada masa mendatang.

Dalam sambutannya pada acara pemberian penghargaan di bidang industri di Istana Negara di Jakarta Senin Presiden mengingatkan bahwa masih banyak potensi yang belum tergali di berbagai bidang sebagai ruang bagi pertumbuhan yang lebih tinggi lagi.

"Ruang untuk tumbuh masih ada. Bahwa ekonomi kita masih sangat bisa kita bikin tumbuh lebih baik lagi di tahun-tahun mendatang," ujarnya.

Kata Presiden, dibutuhkan investasi besar-besaran di segala bidang industri maupun pertanian yang bisa membawa manfaat nyata bagi pertumbuhan ekonomi.

Kepala Negara pun menyatakan, apresiasinya setelah mendapatkan laporan Kepala Badan Penanaman Modal (BKPM) Gita Wirjawan bahwa nilai investasi Indonesia tahun ini mencapai Rp200 triliun dibanding tahun lalu yang baru mencapai sekitar Rp100 triliun.

Nilai investasi itu, menurut Presiden, harus terus ditingkatkan dan semakin merata di setiap daerah pada tahun-tahun mendatang.

Dalam sambutannya, Presiden mengingatkan bahwa pertumbuhan ekonomi diperlukan untuk mengurangi tingkat pengangguran dan menjamin masyarakat memiliki pendapatan yang cukup.

Ia pun mengingatkan pentingnya faktor sumber daya manusia untuk meningkatkan daya saing industri terutama dalam menumbuhkan inovasi dan jiwa wira usaha.

Presiden mengatakan, faktor manusia penting, bahkan merupakan faktor kunci. Karena itu kita menyadari pentingnya human capital maka ingat pendidikan dan latihan harus bagus, harus didorong inovasi, penelitian dan pengembangan.

"Mereka juga harus memiliki produktivitas tinggi dan untuk Indonesia saya sungguh menekankan inovasi dan wirausaha ke depan ini," tutur Presiden.

Selain ingin memajukan industri secara merata untuk menumbuhkan lapangan pekerjaan dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Presiden mengatakan, pemerintah juga ingin membangun masyarakat industri yang semakin menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi sekaligus memiliki jiwa inovasi dan wirausaha yang baik.

"Kita juga mengetahui bahwa secara nasional dewasa ini pemerintah baik pusat dan daerah bersama komponen bangsa lain terus bekerja keras dan berupaya untuk ekonomi agar tumbuh,"kata Presiden.

"Dengan ekonomi tumbuh kita bisa menciptakan lapangan pekerjaan sehingga semakin sedikit yang menganggur," ujarnya.

(D013*P008/B008/S026)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010