Madrid (ANTARA News) - Juara bertahan Barcelona akan menduduki posisi puncak di liga utama Spanyol selama istirahat Natal setelah tim itu menorehkan sukses kemenangan ke-10 kali berturut-turut dengan kemenangan besar 5-1 atas Espanyol di stadion Cornella-El Prat, Sabtu waktu setempat.

Anggota timnas Piala Dunia Spanyol Pedro Rodriguez dan David Villa masing-masing mencetak dua gol, dan Xavi Hernandez satu gol untuk memastikan timnya meraup kemenangan besar dalam pertandingan derby itu, dan sekaligus membuka keunggulan lima poin atas posisi kedua Real Madrid.

Kemenangan Barcelona itu menjadi tekanan bagi Real yang harus menang melawan Sevilla di Santiago Bernabeu pada pertandingan Minggu.

Real telah memenangi seluruh tujuh pertandingan kandang, sedangkan Sevilla tampak tetap yakin meskipun telah mengalami kekalahan beruntun empat kali dan berada di papan bawah.

Sementara itu Espanyol memiliki sukses kemenangan tujuh pertandingan dan berada di posisi keempat.

"Tim kami tidak pernah berhenti membuat kejutan kepada saya," kata pelatih Barcelonna Pep Guardiola.

"Espanyol hanya kemasukan dua gol di kandang dalam pertandingan liga sebelum pertandingan ini, dan itu bukan kebetulan bahwa mereka semakin mendekati posisi puncak klasemen," katanya.

"Ini malam yang hebat bagi kami karena bukan hanya kami bisa mengalahkan rival sekota kami tapi kami juga mengalahkan tim yang sangat bagus," tambahnya.(*)

AFP/A020

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010