Jakarta (ANTARA News) - Anggota Fraksi Partai Golkar di DPR RI , Paskalis Kossay, menyatakan di Jakarta, Rabu, pihaknya setuju usulan meninjau kembali penggunaan Lambang Negara "Garuda" di kostum para pemain Tim Nasional sepakbola kita.

"Gugatan saudara David Tobing tentang penggunaan lambang negara di kostum tim nasional (Timnas) adalah sangat tepat, dan perlu direspons positif demi perbaikan," katanya kepada pers.

Mantan Wakil Ketua DPRD Provinsi Papua yang kini anggota Komisi I DPR RI (bidang Luar Negeri dan Pertahanan Keamanan) ini menambahkan, dasar gugatan itu cukup tepat, karena warna kostum `Merah Putih` para pemain Timnas sudah menunjukkan identitas Indonesia.

"Jadi, sebaiknya PSSI harus meninjau kembali pengunaan simbol burung garuda itu demi kondusifnya situasi," katanya.

Paskalis Kossay juga mengimbau semua pihak untuk mendudukkan masalah ini secara proporsional, jangan dikait-kaitkan dengan masalah-masalah politik.

"Sebab bagaimana pun Timnas sepakbola kita itu menjadi salah satu ujung tombak membangun kejayaan, karakter dan patriotisme bangsa," ujarnya.

Karena itu, menurutnya, segala sesuatu harus dibicarakan dengan baik-baik, tidak perlu dengan cara-cara emosional berlebihan.

"Tetapi memang kita harus terbiasa menggunakan simbol-simbol negara secara lebih baik, tidak asal-asalan," kata Paskalis Kossay lagi. (*)

M036/J006

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010