Roma (ANTARA News) - AC Milan unggul enam poin di puncak klasemen Serie A, Minggu, setelah menang untuk ke-10 kalinya dalam 12 pertandingan liga dengan kemenangan 3-0 di kandang Bologna sementara Lazio mengalami kekalahan 1-2 dari Juventus.

Gol dari Kevin-Prince Boateng, Robinho dan Zlatan Ibrahimovic membawa Milan meraih kemenangan yang juga menjamin posisi puncak dalam sepekan ketika Serie A dihentikan sementara untuk istirahat musin dingin, sebagaimana dikutip dari AFP.

Ibrahimovic mengatakan, pertandingan yang dimulai 12.30 waktu setempat memberi tantangan baru.

"Kami menang 3-0, ini pertandingan yang berat, ini pertama kali kami bermain pada tengah hari, tidak mudah tetapi kami menang dan itu lah yang terpenting," katanya.

"Segalanya mungkin, kami sedang memburu trofi (liga, piala liga dan Liga Champions). Kami harus terus maju, jangan santai, masih banyak pertandingan tersisa sehingga kita bicara soal gelar lain kali saja."

Dengan pemain tengah Ghana Boateng bermain di antara lini tengah dan serangan, Milan sepenuhnya dominan.

Bologna mendapat peluang pertama dengan usaha sepekulatif jarak jauh dari Gaston Ramirez yang ditepis oleh Christian Abbiati menjauhi gawang.

Setelah itu, Milan memegang kendali dan mereka memimpin pada menit kesembilan saat Ibrahimovic memberi umpan silang dari kiri dan Boateng melaju ke kotak penalti di antara dua pemain belakang untuk menyarangkan hasil tendangan kaki kirinya.

Gol kedua terjadi pada menit ke-35 saat Robinho menembak di antara kedua kaki kiper Emiliano Viviano setelah Boateng menjentikkan bola menuju dia di depan gawang.

Situasinya bisa lebih buruk bagi Bologna saat Robinho juga menembak di antara kedua kaki Viviano namun kali ini bolanya menyangkut pada salah satu kaki dan berbelok melebar.

Kemudian, saat "injury time", keragu-raguan pada pertahanan Bologna membuat Gianluca Zambrotta berhasil merebut bola di kotak penalti dan menembakkan tendangannya yang membentur mistar gawang.

Abbiati hampir menghadiahkan gol bagi Bologna ketika ia berlari melebar untuk menghindarkan satu tendangan pojok tetapi kemudian direbut di luar kotak penalti sebelum berhasil keluar kotak dan ditembakkan oleh Ramirez namun menumbuk tepi gawang.

Pertandingan berakhir saat waktu menunjuk satu jam ketika umpan sempurna Pirlo menuju Ibrahimovic dan pemain asal swedia itu menyelesaikannya.

Milan masih berpeluang kemasukan penalti pertama yang dikenakan pada mereka musim ini ketika Marco Di Vaio terhempas sendiri ke tanah setelah sedikit kontak dengan pemain cadangan Clarence Seedorf.

Tetapi Abbiati menjatuhkan diri ke kanan untuk membendung hasil tendangan Di Vaio dari titik penalti.

Di Turin, Milos Krasic mencetak gol kemenangan melalui tendangan terakhir dalam pertandingan tersebut mengalahkan Lazio, ketika Juventus melompati tim Roma itu dan naik ke urutan kedua.

Giorgio Chiellini membawa Juve unggul lebih dulu namun kemudian disamakan oleh Mauro Zarate.

Saat waktu bertanding akan berakhir, Krasic memperdaya Cavanda di kanan dan melaju ke gawang sebelum menembak kearah gawang Muslera, kiper asal Uruguay itu hanya mampu membantu bola masuk ke gawang.

Lazio turun ke urutan keempat dengan jumlah angka yang sama dengan Napoli yang berada di urutan ketiga setelah kemenangan mereka 1-0 di kandang Genoa, Sabtu.
(ANT/A024)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010