Beijing (ANTARA News/AFP) - China menunjuk pelatih asal Kroasia Miroslav Blazevic sebagai pelatih baru tim nasional negara tersebut untuk dipersiapkan menghadapi Olimpiade 2012 di London, demikian dilaporkan oleh media pemerintah setempat, Sabtu.

Kantor Berita China, Xinhua, melaporkan bahwa the Chinese Football Association (CFA), PSSI-nya China, memasukkan Blazevic sebagai pelatih menyusul hasil mengecewakan tim China di Asian Games Guangzhou bulan lalu. Blazevic akan menggantikan pelatih lama, Sun Wei.

Blazevic menandatangani kontrak berdurasi dua tahun dengan CFA sampai 2012, sementara Li Bing ditunjuk sebagai asisten pelatih.

Blazevic yang sukses mengantarkan Kroasia meraih tempat ketiga di Piala Dunia 1998, pada tahun ini juga berhasil memimpin klub sepak bola Shanghai Shenhua menduduki tempat ketiga di Liga Super China.

Ia mengundurkan diri sebagai pelatilh nasional Bosnia tahun lalu setelah tim tersebut gagal lolos ke Piala Dunia 2010 Afrika Selatan.

Media China melancarkan kritik tajam terhadap tim China pada bulan lalu dengan menyebutkan bahwa hasil yang diraih merupakan yang terburuk sepanjang sejarah negara tersebut, apalagi karena tim di bawah umur 23 tahun itu mengalami kekalahan memalukan dari lawan-lawan berat mereka, yaitu Jepang dan Korea Selatan.

Dengan penunjukan Blazevic tersebut, diharapkan kekecewaan pendukung kesebelasan China yang sebelumnya berharap pada hasil yang dicapai di Asian Games dapat terobati, khususnya setelah terbongkarnya skandal korupsi yang mengakibatkan ditahannya dua orang mantan petinggi CFA dan sejumlah pejabat di bawah mereka. (A032/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010