London (ANTARA News/AFP) - Perdagangan di Bursa Saham London minggu depan kemungkinan akan didorong oleh data ekonomi yang akan menunjukkan apakah pemulihan ekonomi Inggris memiliki daya tarik.

FT-100 berakhir pada sepekan naik 1,35 persen menjadi 5.745,32 poin setelah ayunan seminggu didorong oleh krisis utang zona euro.

Bailout (dana talangan) Irlandia pada awal minggu gagal meyakinkan investor, tapi tekad Bank Sentral Eropa untuk membela mata uang tunggal mendorong saham serta euro.

Bank-bank Inggris memiliki eksposur besar di Irlandia, seperti Royal Bank of Scotland, tetapi juga di Spanyol seperti Barclays, yang terutama dipengaruhi oleh yo-yo.

Dalam minggu depan pasar akan fokus terutama pada rilis data perdagangan Inggris pada Kamis.

Pemerintah telah percaya pada kenaikan ekspor untuk mendukung pemulihan Inggris, namun angka telah mengecewakan dalam beberapa bulan terakhir meskipun pound relatif lemah.

Produksi industri dan sentimen, yang akan dirilis Selasa dan Rabu, juga sedang ditunggu-tunggu untuk menunjukkan berapa banyak kekuatan dalam pemulihan ekonomi di Inggris.

Pemerintah Inggris minggu ini menaikkan perkiraan untuk pertumbuhan 2010 menjadi 1,8 persen, tetapi beberapa analis menemukan hal ini terlalu optimis.

Pada Kamis, Bank of England (bank sentral Inggris) akan mengambil keputusan kebijakan moneter bulanan. Analis berharap untuk mempertahankan suku bunganya pada terendah bersejarahnya 0,5 persen yang telah ada sejak 2009. (A026/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010