Jakarta (ANTARA News) - Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa mengatakan bahwa tiga kepala pemerintahan telah memberikan konfirmasi kehadiran dalam Forum Demokrasi Bali III yang akan diselenggarakan di Nusa Dua, Bali, 9-10 Desember 2010.

"Sejauh ini sudah tiga kepala negara yang melakukan konfirmasi, yaitu Presiden Korea Selatan Lee Myung-bak, Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah dan PM Timor Leste Xanana Gusmao," kata Menlu di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat petang seusai mendampingi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menerima surat kepercayaan lima orang duta besar negara sahabat.

Selain tiga kepala pemerintahan tersebut, menurut Menlu, Forum Demokrasi Bali (BDF) 2010 juga akan dihadiri sekitar 18 orang menteri luar negeri negara sahabat dan sejumlah pejabat setingkat menteri luar negeri, di antaranya adalah Afghanistan, Georgia, Irak, Iran, Myanmar, Timor Leste dan Yordania.

Sebelumnya, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Kusuma Habir mengatakan bahwa BDF III akan diketuai bersama oleh Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono dan Presiden Korea Selatan Lee Myung-bak.

Ia mengatakan bahwa pertemuan pertukaran pendapat itu akan diikuti oleh sekitar 36 negara sebagai peserta dan 28 negara lainnya sebagai peninjau.

Kusuma menjelaskan bahwa forum tersebut akan membahas keterkaitan demokrasi dengan perdamaian serta melihat bagaimana pembangunan dapat mendorong proses perdamaian. Tema utama BDF III adalah demokrasi dan pemajuan perdamaian serta stabilitas.

Ia mengatakan bahwa Bali Democracy Forum III akan menghasilkan keputusan bersama yang merefleksikan diskusi para pemimpin dan wakil negara peserta, perdebatan umum, serta sesi interaktif.

"Hasil keputusan tersebut akan menjadi pedoman program kegiatan Institut Perdamaian dan Demokrasi (IPD) selama tahun 2011," katanya.

IPD telah melakukan beberapa kegiatan berupa lokakarya internasional tentang perkembangan demokrasi di kawasan, kuliah umum mengenai demokrasi, dan program pemantauan pemilu.

BDF III merupakan lanjutan dari BDF I dan BDF II, yang dilaksanakan masing-masing pada yang dilaksanakan masing-masing pada 10-11 Desember 2008 dan 2009. (*)

(T.G003/S023)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010