Depok (ANTARA News) - Pesta Kuliner yang digelar Universitas Indonesia pada 2-4 Desember di Depok, mendukung program tahun Indonesia Kreatif dan Gerakan Kampanye 100 Persen Cinta Indonesia yang dicanangkan pemerintah.

Dalam siaran persnya, Jumat, juru bicara UI Vishnu Juwono mengatakan, Pesta Kuliner Indonesia ini dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat akan keanekaragaman kuliner nusantara, serta meningkatkan citra dan martabat Indonesia.

Festival bertema "Tetap Sehat Tetap Enak" ini diramaikan dengan beragam kegiatan berkonsep "Festiphoia", yang terdiri atas Pameran Kuliner Nusantara, Seminar makanan sehat dan lomba memasak dengan juri pakar kuliner terkenal seperti Sisca Soewitomo, Nila Sari, Chef Henry Alexie Bloem, Chef Ida Bagus Parwata.

Festival ini juga menjadi ajang berkumpulnya pebisnis kuliner makanan tradisional nusantara, jajanan populer di Jakarta, vendor-vendor makanan tradisional dan modern, serta industri penunjang kuliner.

Vishnu mengatakan, UI sebagai perguruan tinggi riset berstandar dunia, berkomitmen menjaga keseimbangan antara orientasi akademik dengan moralitas dan seni.

Namun festival ini tidak melupakan aspek ilmiah dan akademisnya, karena mengkaji keragaman varietas kuliner Indonesia yang merupakan bagian dari kekayaan budaya Indonesia. (*)

T004/A011/AR09

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010