Kabul (ANTARA News) - Orang-orang bersenjata menculik 16 penjinak ranjau di Afghanistan, Rabu, namun membebaskan sembilan orang dari mereka beberapa jam kemudian dan membawa sisanya ke lokasi yang tidak diketahui, kata polisi.

Belum ada yang mengaku bertanggung jawab atas penculikan itu, yang terjadi di daerah bergolak Muhmand Dara di perbatasan dengan Pakistan. Namun, kelompok-kelompok kriminal dan gerilya menculik puluhan warga asing dan Afghanistan sejak invasi pimpinan AS pada 2001 menggulingkan rejim Taliban di Kabul.

"Orang-orang bersenjata menyerang dan menculik 16 penjinak ranjau pagi ini namun membebaskan sembilan orang dari mereka beberapa jam kemudian," kata Jendral Aminullah Amarkhail, kepala kepolisian perbatasan untuk provinsi Nangarhar, kepada AFP.

Amarkhail mengatakan, satu orang ditangkap atas tuduhan terlibat dalam penculikan itu.

Para penjinak ranjau itu bekerja untuk Organisasi Pembersihan Ranjau dan Rehabilitasi Afghanistan (OMAR) yang berkantor di Afghanistan.

Sembilan penjaga keamanan swasta Afghanistan untuk sebuah perusahaan konstruksi diculik di provinsi Kabul pada Senin, kata kementerian dalam negeri.
(M014/A038)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010