Jakarta (ANTARA News) - Komputer tablet Apple, iPad, salah satu item terpanas musim belanja liburan ini, harganya dipangkas dalam penawaran di website perusahaan itu, Jumat (26/11) lalu.

Orang yang membeli iPad secara online hari itu menghemat 41 dolar, membuat harga terendah 458 dolar untuk model tanpa koneksi 3G dan memori penyimpanan 16 gigabytes. Harga model top-end dengan koneksi 3G dan 64 gigabytes kapasitas memori juga dipotong 41 dolar menjadi 788 dolar.

Itu tentang discount 8 persen untuk model terendah dan 5 persen untuk model high-end.

Harga jual "murah" sehari itu mungkin masih terdengar mahal bagi banyak konsumen, tapi penjualan Black Friday itu mendapatkan pujian dari blog-blog teknologi karena Apple jarang men-discount produk elektronik high-end-nya.

iPad dikatakan menjadi satu yang paling dicari setelah hadiah akhir tahun.

iPad merupakan item no.1 dalam daftar elektronik yang dicari anak-anak usia 6 hingga 12 tahun, menurut sebuah survai oleh Nielsen. Dan, berada diurutan keempat dalam daftar serupa untuk kelompok anak-anak berumur lebih dari 13 tahun, setelah komputer, TV, dan smartphone.

"Mengingat tekanan berlanjut pada pengeluaran konsumen, sulit untuk mengetahui seberapa kuat musim liburan ini orang belanja perangkat teknologi, tapi survai itu menunjukkan akan banyak pengiriman produk elektronik musim ini," survai menyebutkan.

Apple juga memberlakukan discount untuk beberapa item di situsnya. Semua kesepakatan baik sampai akhir hari Jumat saja meliputi: potongan harga 101 dolar untuk MacBook Air 13-inci, Macbook Pro, dan iMac, 41 dolar discount untuk iPod Touch, dan 21 dolar untuk iPod Nano.

Situs itu menawarkan gratis biaya pengiriman untuk pemesanan diatas 50 dolar. Potongan harga pembelian secara online itu menjadi kecenderungan penjualan online pada musim liburan ini.

Discount Apple juga ditawarkan di toko-toko ritel Apple. Setidaknya ada satu pengecer yang juga memangkas harga iPad, yakni toko TJ Maxx, yang menjual versi termurah iPad dengan harga 400 dolar atau 58 dolar lebih rendah dari harga di Apple.com, menurut blog teknologi Engadget.

Seorang karyawan yang menjawab telepon Jumat pagi di toko TJ Maxx di Mount Vernon, New York, mengatakan iPad seharga 400 dolar telah terjual habis, demikian CNN melaporkan.

(S026/B010)

Penerjemah: Suryanto
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010