Jakarta (ANTARA News) - Persatuan asosiasi sepak bola Eropa atau UEFA telah memutuskan untuk memulai penyelidikan atas pelatih Real Madrid, Jose Mourinho, dan empat pemain Madrid lainnya.

Mereka diduga sengaja berulah agar diberikan kartu merah dalam laga melawan Ajax Amsterdam di lanjutan penyisihan Liga Champions, Kamis (25/11) kemarin.

Empat pemain yang diperiksa bersama Mourinho adalah kapten tim Iker Casillas, Xabi Alonso, Sergio Ramos, dan kiper pengganti Jerzy Dudek. Mereka diperiksa terkait kartu merah yang diterima Ramos dan Alonso dalam laga yang berakhir 0-4 untuk kemenangan Madrid itu.

Kedua pemain itu menerima kartu kartu kuning kedua oleh wasit Craig Thomson asal Skotlandia setelah Alonso sengaja mengulur-ulur waktu ketika mengambil tendangan bebas selama 22 detik sementara Ramos juga melakukan hal yang sama ketika melakukan tendangan gawang.

Dalam situasi normal dua kartu merah itu berarti malapetakan bagi satu tim. Tetapi bagi Madrid itu adalah berkah.

Kartu-kartu merah itu memang memaksa Alonso dan Ramos absen di laga terakhir Madrid dalam putaran penyihan Liga Champions melawan Auxerre, tetapi laga itu sudah tidak menentukan lagi.Nilai yang dikoleksi Madrid sekarang sudah cukup untuk membawa mereka ke fase gugur.

Sebaliknya dengan itu kedua pemain akan berlaga di 16 besar tanpa beban kartu kuning.

Sementara dalam rekaman stasiun televisi lokal Belanda terlihat Dudek sempat menyampaikan pesan dari Mourinho kepada Casillas. Setelah itu Casillas tampak berbisik kepada Alonso dan Ramos, tepat sebelum keduanya membuat ulah yang menyebabkan mereka diusir dari lapangan.

Casillas, Ramos, dan Mourinho pun menolak tuduhan konspirasi a la sepak bola gajah itu.

Akan tetapi UEFA dalam sebuah pernyataanya, Kamis waktu setempat, menegaskan bahwa kasus itu akan dibahas oleh pejabat disiplinnya Selasa 30 November nanti. (Ber/A024)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010