Banjarmasin (ANTARA News) - Idul Adha atau Hari Raya Kurban pada 1431 Hijriah dimanfaatkan untuk menggalang bantuan korban bencana alam di beberapa wilayah di Indonesia.

Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) Kalimantan Selatan yang menggelar shalat Idul Adha 1431 H pada, Selasa, 16 November 2010, menjadikannya untuk menggalang bantuan untuk korban bencana alam Wasior Papua Barat, Merapi di Yogyakarta dan Jawa Tengah (Jateng), ujar Humas HTI Kalsel, H. Hidayatul Akbar.

"Dengan bantuan tersebut diharapkan dapat meringankan beban pemerintah daerah serta warga masyarakat yang menjadi korban karena bencana alam, walau nilainya tidak terlalu banyak," tandasnya.

Selain HTI yang mengadakan shalat Idul Adha pada 16 November 2010 atau bersamaan dengan Arab Saudi, juga warga yang tergabung dalam organisasi kemasyarakatan Muhammadiyah.

Untuk shalat Idul Adha 1431 H, Muhammadiyah di Banjarmasin menggunakan sejumlah tempat antara lain di halam Masjid Al Ummah Komplek Bumi Pemurus Permai, halaman Makro, pusat perbelanjaan groser/swalayan.

Sedangkan kaum nahdiyin baru melaksanakan shalat Idul Adha pada 17 November 2010. (*)

ANT/T010/AR09

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010