Frankfurt (ANTARA News/AFP) - Negara anggota zona Euro siap bertindak "secepat mungkin" jika Irlandia yang dilanda utang harus meminta bantuan, kepala para menteri keuangan Eurogroup, Jean-Claude Juncker, mengatakan Senin.

Juncker, menggambarkan pendekatan apapun Irlandia sebagai "teoretis," mengatakan bahwa jika Dublin meminta bantuan, "kita akan siap untuk merespon permintaan ini secepat
 mungkin."

Untuk saat ini, bagaimanapun, dia mengatakan "Irlandia belum merumuskan sebuah permintaan ... dan kita tidak seharusnya sibuk diri dengan permintaan teoritis."

"Keputusan di tangan pemerintah Irlandia. Saya tidak membuat rekomendasi publik kepada Irlandia," ia menambahkan, di tengah spekulasi bahwa keuangan publik Dublin hancur yang akan memaksanya untuk mencari bantuan.

"Perihal konsolidasi anggaran, masalah yang sedang ditangani pemerintah Irlandia," kata Juncker.

Sebelumnya Senin, Irlandia mengatakan pihaknya sedang kontak dengan "mitra internasional" atas krisis utang, tetapi membantah mencari dana talangan karena Uni Eropa memperingatkan bahwa kesengsaraan Dublin merupakan keprihatinan seluruh wilayah Eropa.

Brussels dan Dublin keduanya bersikeras tidak ada pembicaraan formal meskipun laporan terus-menerus menyatakan bahwa Irlandia menghadapi tekanan untuk meminta bantuan dari sebuah dana khusus Uni Eropa yang dibentuk setelah krisis utang Yunani enam bulan lalu. (A026/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010