Jakarta (ANTARA News) - Presiden Amerika Serikat Barack Obama akan berpidato di Balairung Universitas Indonesia, Depok, di hadapan 7.500 undangan yang antara lain terdiri dari mahasiswa berbagai kampus dan 100 siswa SMA berprestasi.

"Tamu diangkut dari tempat masing-masing dengan bus ke UI pada Rabu mulai pukul 06.00 WIB. Jalan akses UI ditutup," kata Kapolres Metro Depok Kombes Pol. Feri Abraham.

Feri mengatakan semua pintu UI ditutup, antara lain pintu dari arah Pondok Cina, Kukusan, Beji, dan Politeknik. Polisi juga tampak berjaga sejak pintu masuk UI sedangkan beberapa anggota TNI berada di sekitar Balairung.

Sementara itu pagar pembatas warna hitam setinggi satu setengah meter lengkap dengan tirai hitam, membentang dari pintu masuk menuju rektorat sampai Balairung. Gedung tersebut telah ditutup pada Selasa sekitar pukul 09.00 WIB.

"Ada banyak bendera Amerika Serikat dan Bendera Indonesia di latar panggung. Orang kulit putih di dalam gedung berteriak 'no picture' ," kata seorang wartawan.

Kepala Kantor Sekretariat UI, Desi Rahmawati, mengatakan mahasiswa UI yang akan menjadi audiens adalah dari angkatan 2010. "Mereka mudah diorganisir. Kalau angkatan lain mengeluh, itu biasa. Ada prioritas," kata Desi.

Desi mengemukakan perkuliahan di UI berlangsung setengah hari pada Selasa (9/10) sedangkan Rabu (10/10) libur total sehubungan kunjungan Obama ke universitas tersebut.

Perjalanan kereta api rel diesel Jakarta-Bogor tidak terpengaruh dengan kedatangan Obama meski pemberhentian Pondok Cina dan UI terletak di sekitar kegiatan kunjungan Presiden AS itu.

"Perjalanan kereta tetap normal, sesui dengan Grafik Perjalanan Kereta," kata Ata Sudarta, Pengawas Operasi Perjalanan Jakarta Kota-Pondok Cina PT. KA.
(Yud/A038/BRT)

Pewarta: Yudha Pratama Jaya
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010