Sao Paulo (ANTARA News) - Pembalap Red Bull Sebastian Vettel tertantang merebut gelar kejuaraan Formula Satu, Minggu, setelah kemenangannya di Brazil.

Kemenangan keempat yang diraih pembalap asal Jerman berusia 23 tahun dari musim ini, menempatkan dia 15 poin dibelakang pimpinan klasemen kejuaraan yaitu pembalap Ferarri Fernando Alonso dan tujuh poin di bawah pembalap satu timnya asal Australia Mark Webber yang finis kedua, dengan sisa satu balapan lagi.

Dengan posisi poin seperti itu, maka antara Vettel-Webber yang di posisi satu-dua di Abu Dhabi akhir pekan depan, akan bisa merebut posisi pimpinan dari Alonso jika pembalap asal Spanyol ini mendapat hasil buruk di bawah posisi keempat.

Jika kedua pembalap Vettel-Webber itu sukses maka Red Bull akan memastikan dua gelar setelah tim itu memenangi gelar konstruktor pada Minggu.

Ditanya apakah dirinya akan melakukan "hal terhormat" jika posisi yang sama terulang pada lap terakhir di Abu Dhabi, Vettel mengelak.

"Kami ke sana untuk mencoba lolos dengan hasil setinggi mungkin dan kemudian berlomba dengan keras lalu melihat dimana kami berada. Dan untuk kasus saya, terus terang itu cukup bagus," katanya.

"Anda harus melihat situasi, saya pikir kami berdua tahu bagaimana akan berbuat," tambahnya.

"Ini satu perjalanan pekan, seperti seorang anak, saya tidak pernah seperti itu ketika orangtua saya menggoda saya untuk sesuatu dan tidak pernah menjawab pertanyaan saya. maka sekarang saya dalam posisi bagus untuk anda goda, maka anda akan menyaksikannya," katanya.(*)

Reuters/A020/A016

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010